Gunawan, Hendro DESAIN DAN IMPLEMENTASI MODEL MANAJEMEN INFRASTRUKTUR TI BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL). [Research]
Text
Penelitian Internal 2019 - FTI - Hendro Gunawan .pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan layanan dalam organisasi terutama dalam bidang Teknologi Informasi (TI) maka paradigma TI yang pada awalnya hanya berfokus kepada pengolahan dan manipulasi data, sekarang mulai bergeser pada perencanaan strategis dan layanan TI. IT Service Management (ITSM) / Manajemen layanan teknologi informasi adalah metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang berusaha untuk menyelaraskan IT dengan kebutuhan bisnis untuk mengelola penyediaan layanan TI yang efisien dengan jaminan kualitas. ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah salah satu framework dalam ITSM, ITIL menjadi framework yang populer / banyak digunakan dalam penelitian bidang ITSM. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu universitas swasta besar di Yogyakarta juga semakin kompleks dalam memberikan pelayanan kepada sivitas akademiknya. Penggunaan TI di dalam UAJY terwujud dalam berbagai layanan yang dapat menunjang kebutuhan setiap pengguna. Pada penelitian sebelumnya peneliti telah melakukan penelitian dengan melakukan analisa dan membuat model berbasis ITIL pada tahap service strategy. Berdasarkan model dan template dokumen yang dibuat maka akan disediakan sebuah layanan TI bagi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model service strategi yang telah dibuat. Penelitian ini menghasilkan sebuah layanan TI yang akan digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini fokus pada tahap service design dan service transition pada framework ITIL. Ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah program studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Tujuan penelitian ini adalah terwujudnya layanan teknologi informasi berbasis ITIL di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ITIL, ITSM, service design, service transition |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 03:44 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 03:44 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20623 |
Actions (login required)
View Item |