STUDI EKSPERIMEN DECOY EFFECT DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI INDONESIA

Siswanto, Claudia Marchella (2019) STUDI EKSPERIMEN DECOY EFFECT DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
EM21789 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EM21789 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
EM21789 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
EM21789 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB IV)
EM21789 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EM21789 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi decoy effect dengan obyek penelitian yaitu beberapa segmen produk yang berbeda di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data primer dimana data tersebut diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 205 responden dengan perbedaan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan. Kuesioner tersebut didistribusikan melalui google form. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa true experimental design dan chi- square (cross tabs) sebagai alat analisis deskriptif. Serta, didukung pula dengan two paired sample ttest sebagai uji signifikansi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa strategi decoy effect berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa strategi decoy effect tidak sepenuhnya berhasil diterapkan untuk meningkatkan jumlah produk target. Sebab, berdasarkan hasil penelitian ini, hanya konsumen dengan generasi X saja yang berhasil dipengaruhi. tidak mengatakan sepenuhnya berpengaruh positif, atau berhasil.Sehingga penulis menyimpulkan bahwa strategi decoy effect tidak berhasil meningkatkan jumlah produk target di beberapa segmen produk Indonesia dikarenakan faktor penetapan harga yang masih kurang dikelola untuk meningkatkan sensitivitas konsumen terhadap decoy effect.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Decoy effect, perilaku konsumen, keputusan pembelian, harga
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:40
Last Modified: 06 Nov 2019 02:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20634

Actions (login required)

View Item View Item