POSITIONING MALL (Studi Deskriptif Positioning Malioboro Mall, Galeria Mall, Plaza Ambarukmo, Jogja City Mall, Lippo Plaza Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Berdasarkan Persepsi Pengunjung Mall di Yogyakarta)

Panggulu, Meyevlin (2019) POSITIONING MALL (Studi Deskriptif Positioning Malioboro Mall, Galeria Mall, Plaza Ambarukmo, Jogja City Mall, Lippo Plaza Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Berdasarkan Persepsi Pengunjung Mall di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
KOM057950.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
KOM057951.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
KOM057952.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB III)
KOM057953.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
KOM057954.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas perbandingan positioning mall di Yogyakarta, yaitu Malioboro Mall, Galeria Mall, Plaza Ambarrukmo, Jogja City Mall, Lippo Plaza Jogja, dan Hartono Mall berdasarkan persepsi pengunjung mall di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan positioning mall di Yogykarta. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangsih berupa evaluasi bagi para pengelola mall di Yogyakarta agar bisa menentukan strategi positioning yang tepat kedepannya agar dapat meningkatkan persepsi positif di dalam benak pengunjungnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penulis menggunakan kuesioner yang terdiri dari tujuh atribut mall. Peneliti menyebarkan kuesioner tersebut ke 100 responden, yaitu pengunjung mall yang telah mengunjungi keenam mall tersebut. Analisis data menggunakan analisis persentase, analisis Arithmatic Mean, dan analisis Perceptual Mapping. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Plaza Ambarrukmo merupakan mall di Yogyakarta yang memiliki keunggulan paling banyak dibandingkan dengan kelima mall lainnya. Namun, di dalam benak pengunjung berdasarkan persepsinyaa, Plaza Ambarrukmo juga cukup bersaing ketat dengan Hartono Mall dan Jogja City Mall. Sedangkan untuk Lippo Plaza Jogja, Galeria Mall dan Malioboro Mall merupakan mall yang bisa dikatakan masih perlu meningkatkan keunggulannya agar lebih diingat oleh pengunjung di dalam benaknya. Apabila dapat dikategorikan maka, di dalam penelitian ini Plaza Ambarrukmo, Hartono Mall dan Jogja City Mall merupakan tiga besar mall yang lebih unggul dibandingkan Lippo Plaza Jogja, Galeria Mall dan Malioboro Mall berdasarkan persepsi pengunjung mall di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mall, Yogyakarta, Persepsi, Positioning, Perceptual Mapping
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:04
Last Modified: 13 Nov 2019 07:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item