ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jl. Laksda Adisucipto – Depan Alfamart Kalongan)

SIMANJUNTAK, DICKY LINGGOM AITTUA (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jl. Laksda Adisucipto – Depan Alfamart Kalongan). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS16208 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS16208 1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TS16208 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TS16208 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text (BAB IV)
TS16208 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB V)
TS16208 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS16208 6.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas u-turn terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian ini dilakukan pada fasilitas u-turn di Jalan Laksda Adisucipto tepatnya di depan Alfamart Kalongan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Rabu, 9 April 2019 dan Sabtu, 12 April 2019. Penelitian dilakukan selama 6 jam dalam sehari yang terbagi dalam 3 sesi yaitu sesi pagi pada pukul 06.30 – 07.30, sesi siang pada pukul 12.00 – 14.00, dan sesi sore pada pukul 16.00 – 18.00. Dengan periode waktu selama 15 menit dalam setiap 2 jam waktu pengamatan. Data yang diambil antara lain : geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan pada fasilitas u-turn, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Berdasarkan hasil dari pengamatan, pengambilan data, dan analisis data, diketahui bahwa ada faktor – faktor dan dampak dari fasilitas u-turn tersebut terhadap kinerja ruas jalan yaitu volume lalu lintas sebelum u-turn dari arah Timur ke Barat adalah sebesar 1701,2 skr/jam dan untuk arah Barat ke Timur adalah sebesar 1894,05 skr/jam, hambatan samping pada hari Rabu 9 April 2019 dari arah Utara termasuk dalam kelas Sangat Rendah, untuk arah Selatan termasuk dalam kelas Rendah. Hambatan samping pada hari Sabtu 12 April 2019 arah Utara termasuk dalam kelas Sangat Rendah untuk arah Selatan termasuk dalam kelas Rendah. Kecepatan tempuh kendaraan arah Timur ke Barat adalah 32,67 km/jam dan untuk arah Barat ke Timur adalah 20,83 km/jam. Derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan sebelum melewati u-turn dari arah Timur ke Barat adalah sebesar 0,53 (C) dan untuk arah Barat ke Timur adalah sebesar 0,60 (C), arus memutar pada hari pertama arah Timur ke Barat adalah 49,5 skr/jam dan arah Barat ke Timur adalah 204 skr/jam dan untuk hari kedua dari arah Timur ke Barat adalah 40 skr/jam dan untuk arah Barat ke Timur adalah 247,25 skr/jam, panjang antrian maksimal pada hari pertama untuk arah Timur ke Barat adalah 18,00 meter dan untuk arah Barat ke Timur adalah 99,00 meter. Untuk hari kedua arah Timur ke Barat adalah 22,5 meter dan arah Barat ke Timur adalah 94,50 meter. Alternatif solusi untuk mengurai kemacetan di lokasi penelitian adalah dengan membuat rekayasa pada fasilitas u-turn tersebut atau fasilitas u-turn tersebut di tutup agar kinerja ruas jalan dapat berfungsi optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, kejenuhan, u-turn
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:49
Last Modified: 07 Jan 2020 01:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item