ARDIYANTO, ANDREAS CRISTYAWAN DWI (2019) PENGELOLAAN KELUHAN MELALUI SMS CENTER DI BAGIAN HUMAS SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN GROBOGAN. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
KOM05617 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
KOM05617 1.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
KOM05617 2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text (BAB III)
KOM05617 3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
|
Text (BAB IV)
KOM05617 4.pdf Download (762kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi yang dilakukan antara Pemerintah dan masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dalam mengimplementasikan komunikasi tersebut, harus sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan dalam berkomunikasi dengan masyarakatnya memilih cara dengan SMS Center. SMS Center digunakan masyarakat untuk menyampaikan keluhan mereka terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan. Saluran komunikasi tersebut bersifat dua arah sehingga Pemerintah juga dapat menyampaikan respon kepada masyarakat secara langsung. Dalam proses mengelola keluhan, Pemerintah Kabupaten Grobogan melibatkan 30 Organisasi Perangkat Daerah untuk menyelesaikan keluhan masyarakat. Koordinasi dalam mengelola keluhan berada di bawah bagian Humas Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan yang mengelola layanan SMS Center. Keluhan dari masyarakat akan dipetakan terlebih dahulu, terkait substansi serta OPD yang sesuai dalam menyelesaikan keluhan. Setelah keluhan dipetakan serta penunjukkan OPD sudah ditentukan, maka wewenang OPD teknis yang dapat menyelesaikan keluhan. Setelah keluhan tersebut ditangani maka tugas Humas Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan menyampaikan pesan tersebut kepada masyarakat menggunakan sistem SMS Center. Sistem SMS Center ini adalah masyarakat menyampaikan keluhan dengan mengirimkan sms di nomer 081225888850. Kemudian akan segera direspon oleh bagian Humas Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan serta diteruskan kepada OPD teknis terkait untuk mendapatkan jawaban.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan keluhan, Komunikasi Pemerintah. SMS Center |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 06:31 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 06:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20776 |
Actions (login required)
View Item |