PANTI WREDA LANSIA TERLANTAR DENGAN PENDEKATAN PADA TATA RUANG YANG MEMBERDAYAKAN DI YOGYAKARTA

PURWANTO, FIONA (2019) PANTI WREDA LANSIA TERLANTAR DENGAN PENDEKATAN PADA TATA RUANG YANG MEMBERDAYAKAN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TA16056 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA16056 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TA16056 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
TA16056 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TA16056 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TA16056 5.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Panti wreda lansia terlantar di Yogyakarta dirancang dengan penekanan yang didasarkan pada pemberdayakan lansia. Pemberdayaan yang dimaksud adalah agar setiap lansia terlantar yang tinggal di panti wreda ini dapat terus terpacu untuk melakukan aktvitas yang sesuai dengan kemampuan kondisi fisik dan psikisnya. Lansia terlantar yang tinggal di panti wreda ini terbagi atas lansia potensial dan tidak potensial, dimana lansia potensial merupakan lansia yang masih memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan produktif, sedangkan lansia tidak potensial, yakni lansia yang sudah tidak bisa lagi melakukan kegiatan yang bersifat produktif. Produktif yang dimaksud dalam UU adalah menghasilkan barang/jasa, tetapi pada perancangan panti wreda ini akan ditekankan produktif dengan pengertian bahwa lansia potensial maupun tidak potensial diharapkan terus melakukan aktivitas/kegiatan sesuai dengan kondisi fisik dan psikisnya. Pendekatan arsitektur yang digunakan dalam perancangan adalah arsitektur psikologis. Rumusan permasalahan pada panti wreda lansia terlantar adalah bagaimana wujud perancangan panti wreda yang dapat memberdayakan penghuninya, terdiri dari lansia potensial dan tidak potensial, melalui pengolahan ruang luar dan ruang dalam. Penekanan pengolahan ruang pemberdayaan lansia terkhusus pada aspekaspek dari lansia potensial dan tidak potensial yang dapat dikembangkan, sehingga perancangan panti wreda lansia terlantar di Yogyakarta berbasis pada pemberdayaan lansia potensial dan lansia tidak potensial dengan tata ruang yang membuat lansia tetap aktif/produktif dari sisi kondisi fisik ataupun psikis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Panti wreda, lansia terlantar, pemberdayaan, lansia potensial, lansia tidak potensial, arsitektur psikologis
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 09 Jan 2020 05:27
Last Modified: 09 Jan 2020 05:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20784

Actions (login required)

View Item View Item