JAMALIN, JAMALIN (2019) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT MIROTA KAMPUS Jl. GODEAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TS162250.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TS162251.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
TS162252.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text (BAB III)
TS162253.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text (BAB IV)
TS162254.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (BAB V)
TS162255.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
||
|
Text (BAB VI)
TS162256.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan kinerja Simpang Empat Mirota Kampus Jl.Godean, Yogyakarta dan mengetahui arus lalu lintas yang meliputi : derajat kejenuhan (DJ), tundaan (T) dan peluang antrian (PA) pada saat ini di Simpang Empat Mirota Kampus Jl.Godean, Yogyakarta dan memberikan solusi alternatif penyelesaian masalah jika simpang melebihi batas yang diisyaratkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang ada pada simpang Empat Mirota Kampus Jl. Godean Yogyakarta dan meningkatkan kinerja simpang untuk kedepannya. Pelaksanaan pengambilan data lapangan dilakukan selama 2 hari, yaitu Selasa dan Kamis pada tanggal 9 dan 11 Oktober 2018 dalam 1 harinya dibagi dalam 3 waktu sesi pengamatan, yaitu pagi ( 06.00–08.00 WIB ), siang ( 12.00– 14.00 WIB ), dan sore ( 16.00–18.00 WIB ). Pencatatan dilakukan dengan interval waktu setiap 15 menit. Metode pelaksanaan dilakukan dengan melakukan pencatatan dan perhitungan jumlah kendaraan yang melewati ke empat sisi simpang. Kemudian juga melakukan pencatatan data geometrik simpang. Dari penelitian didapat jam puncak dengan interval per-15 menit pada hari Kamis, pada pagi hari pukul 07:45-08:00 sebesar 1135,5 smp/jam. Untuk perhitungan kapasitas, data yang digunakan adalah volume lalu lintas pada hari Selasa pagi 9 Oktober 2018 pukul 07:00-08:00, dengan hasil 4245,1 skr/jam yang merupakan kapasitas tertinggi berdasarkan hasil survei. Untuk hasil analisis kinerja simpang dengan menggunakan APILL dan pelebaran geometrik diperoleh derajat kejenuhan pada pada pendekat arah Utara = 0,416, Selatan = 0,409, Timur = 0,816 dan arah Barat = 0,712. Untuk nilai tundaan dari pendekat arah Utara = 54,21 det/skr, Selatan = 56,52 det/skr, Timur = 37,19 det/skr dan arah Barat = 41,21 det/skr. Kemudian hasil dari Panjang antrian dari pendekat arah Utara = 51 m, Selatan = 49 m, Timur = 127 m dan arah Barat= 97 m. Alternatif solusi yang diambil dalam permasalahan kemacetan Simpang Empat Mirota Kampus Jl.Godean saat ini adalah melakukan penerapan lampu APILL dan dengan memanfaatkan bahu jalan dijadikan sebagai pelebaran geometrik, sehingga dapat menambah kapasitas kendaraan yang lewat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja simpang, jam puncak, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 02:14 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 02:14 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20821 |
Actions (login required)
View Item |