KEANEKARAGAMAN JENIS DAN POLA PENYEBARAN GASTROPODA PADA ZONA INTERTIDAL PANTAI MANANGA ABA, KECAMATAN LOURA, KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR

Ina, Yunita Gole (2019) KEANEKARAGAMAN JENIS DAN POLA PENYEBARAN GASTROPODA PADA ZONA INTERTIDAL PANTAI MANANGA ABA, KECAMATAN LOURA, KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Awal)
BL015210.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BL015211.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
BL015212.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
BL015213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (Bab IV)
BL015214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
BL015215.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INTISARI Pantai merupakan suatu ekosistem perairan yang ditempati oleh organisme perairan seperti Gastropoda. Gastropoda berperan penting sebagai rantai makanan dalam suatu ekosistem perairan. Pantai Mananga Aba merupakan dalah satu pantai di Sumba Barat Daya dengan beberapa jenis substrat seperti substrat berpasir, berkarang dan berterumbu karang mati. Di Pantai Mananga Aba sendiri, penelitian mengenai keanekaragaman jenis gastropoda maupun pola penyebarannya belum ada sama sekali sehingga informasi mengenai gastropoda masih sangat minim. Selain itu, masyarakat sekitar juga belum benar-benar memahami peran Gastropoda di laut sehingga intensitas pengambilan hewan laut seperti siput ini cukup sering dilakukan. Dengan adanya penelitian ini, masyarakat Sumba Barat Daya diharapkan bisa memahami bahwa adanya keanekaragaman jenis dan pola penyebaran Gastropoda berperan dalam menentukan baik tidaknya suatu ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jelajah yang dilakukan sebelum penelitian dan metode transek yang dilakukan saat sampling pada masing-masing substrat yakni substrat berpasir, berkarang dan berterumbu karang mati. Panjang garis pantai pada masing-masing substrat sepanjang 500 meter dengan 10 transek dimana jarak antar transek adalah 50 m. Jumlah plot pada masing-masing transek sebanyak 8 dengan jarak antar plot sepanjang 10 m. Ukuran plot yang digunakan adalah sebesar 1 x 1 m. Indeks keanekaragaman Gastropoda yang diperoleh di Pantai Mananga Aba adalah sebesar 1.9 pada substrat berpasir, 2.28 pada substrat berkarang dan 2.67 pada substrat berterumbu karang mati. Pola penyebaran jenis Gastropoda pada masing-masing substrat di pantai ini adalah seragam dan mengelompok dimana pada substrat berpasir dan berkarang terdapat 3 jenis mengelompok yakni Cypraea moneta, Cypraea caputserpentis, Conus frigidus pada substrat berpasir, Engina medicaria, Morula granulata, Cerithium vulgatum pada substrat berkarang. Sedangkan pada substrat berterumbu karang mati terdapat 2 jenis mengelompok yakni Rhinoclavis sinensis dan Nerita polita. Jenis yang lain menyebar secara seragam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:26
Last Modified: 16 Jan 2020 07:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item