FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN COMPULSIVE REMAJA (Studi pada remaja di kota Delanggu)

Setyawan, Didik (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN COMPULSIVE REMAJA (Studi pada remaja di kota Delanggu). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM11162.pdf

Download (175Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM11162.pdf

Download (203Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM11162.pdf

Download (282Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM11162.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM11162.pdf

Download (337Kb)

Abstract

Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan dalam pembelian mereka. Proses pengambilan keputusan menurut Dharmesta dan Handoko (2000) merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah yang terdiri atas lima tahap yaitu analisa kebutuhan, pencarian informasi, seleksi alternatif, keputusan pembelian, dan yang terakhir adalah evaluasi setelah pembelian. Namun kadangkala proses kepulusan pembelian yang dilak-ukan konsumen tidak melalui tahapan-tahapan di atas. Ada jenis keputusan pembelian yang tidak direncanakan atau dengan kata lain konsumen melakukan pembelian suatu produk atau jasa secara tiba-tiba. Perilaku pembelian tersebut dinamakan Compulsive Buying. Dalam penelitian penulis ingin mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian compulsive yang sering dilakukan oleh remaja. Faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian compulsive menurut D'Astous, Alain, Maltais, Julie, dan Roberge Caroline (1990) terdiri dari iklan, kelompok bergaul (peer), keluarga dan sikap personal. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, iklan, kelompok bergaul (peer), keluarga dan sikap personal secara simultan memberikan pengaruh sebesar 75,2% terhadap perilaku pembelian compulsive remaja di kota Delanggu, Jawa Tengah. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa kelompok bergaul (peer) merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap perilaku pembelian compulsive remaja. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan terutama bagi pihak produsen atau pemasar dalam merancang suatu strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: iklan, kelompok bergaul (peer), keluarga, sikap personal compulsive buying.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jun 2013 13:35
Last Modified: 05 Jun 2013 13:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item