ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Suroto Kotabaru – Selatan Gedung Kompas)

BINTARA, I DEWA GEDE AGUNG PRABAWA SETYA (2019) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Suroto Kotabaru – Selatan Gedung Kompas). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TS161920.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS161921.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS161922.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TS161923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text (BAB IV)
TS161924.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
TS161925.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS161926.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Suroto Kotabaru - Selatan Gedung Kompas) I Dewa Gede Agung Prabawa Setya Bintara, NPM 15. 02. 16192, tahun 2019, Bidang Peminatan Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kemacetan adalah keadaan yang terjadi karena kapasitas jalan kurang mampu menampung seluruh keadaan kendaraan akibat meningkatnya jumlah kendaraan dan pergerakan lalu lintas. Jalan Suroto Kotabaru merupakan jalan kolektor sekunder yang tergolong dalam tipe empat lajur dua arah terbagi (4/2T) dan dilengkapi median dan bukaan median. Adanya kendaraan yang memutar balik menyebabkan terjadinya perubahan kecepatan kendaraan dan berkurangnya lebar ruas jalan untuk kendaraan menerus karena terjadi antrian kendaraan yang melakukan putar balik sehingga menimbulkan kemacetan. Oleh karena itu, perlu diketahui pengaruh fasilitas u-turn terhadap kinerja ruas jalan. Penelitian dilakukan selama dua hari yaitu hari Sabtu dan Rabu tanggal 8 dan 12 Juni 2019. Waktu pengamatan dilakukan pada pagi hari pukul 06.30-08.30, siang hari pukul 12.00-14.00, dan sore hari pukul 16.00-18.00 dengan interval waktu setiap 15 menit. Data yang diambil pada penelitian ini yaitu data geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan memutar, panjang antrian, waktu tundaan, dan waktu memutar. Data diolah dan dianalisis menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan Perencanaan Putaran Balik 2005. Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja ruas jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas untuk arah Utara - Selatan dari 2235,60skr/jam menjadi 2042,40 skr/jam dan untuk arah Selatan - Utara dari 1059,05 skr/jam menjadi 1044,15 skr/jam, volume lalu lintas tertinggi arah Utara – Selatan adalah 5233 skr/jam dan arah Selatan – Utara adalah 2605 skr/jam, hambatan samping untuk kedua arah termasuk dalam kategori sangat rendah, kecepatan tempuh kendaraan arah Utara - Selatan adalah 22,46 km/jam dan arah Selatan - Utara adalah 24,96 km/jam, derajat kejenuhan mengalami perubahan akibat arus kendaraan memutar, arah Utara - Selatan dari 0,69 menjadi 0,63 dan arah Selatan - Utara dari 0,33 menjadi 0,32, volume memutar dan arus memutar pada hari pertama dan kedua untuk arah Utara - Selatan adalah 235 skr/jam dan 162,25skr/jam serta 256 skr/jam dan 193,20 skr/jam, arah Selatan - Utara adalah 19 skr/jam dan 14,80 skr/jam serta 25 skr/jam serta 14,90 skr/jam, panjang antrian maksimal pada hari pertama dan kedua untuk arah Utara - Selatan adalah 80 meter dan 50 meter untuk arah Selatan-Utara adalah 30 meter dan 45 meter. Kata Kunci : Kemacetan, kinerja ruas jalan, kejenuhan, u-turn

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, kinerja ruas jalan, kejenuhan, u-turn
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:44
Last Modified: 20 Jan 2020 07:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item