SULISTIYANDARI, RESINTA (2019) PENERAPAN PRINSIP JURNALISME GAYA HIDUP DI MAJALAH DestinAsian Indonesia. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05094.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Jurnalisme gaya hidup merupakan salah satu cabang dari jurnalisme yang memberikan informasi kepada masyarakat seputar hobi dan hiburan yang dianggap memiliki konten lebih ringan serta lebih berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat. Berbeda dari yang disebut dengan jurnalisme tradisional, jurnalisme gaya hidup memiliki pola yang berbeda. Jurnalisme gaya hidup bukan dianggap sebagai watchdog, tetapi merupakan penilai selera (judgement of taste) yang dapat dijadikan acuan oleh pembaca. Ada tiga prinsip jurnalisme gaya hidup yang dijelaskan sebagai reviewing as social negotiation, advice as problem solving, serta consumerism and new economy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti akanmenyajikan dan mendeskripsikan data primer dari hasil wawancara dan hasil pencarian data-data sekunder dari dokumentasi untuk dapat memberikan gambaran yang lengkap dan sesuai mengenai penerapan prinsip jurnalisme gaya hidup di majalah DestinAsian Indonesia. Penelitian ini menunjukan bahwa majalah DestinAsian Indonesia telah menerapkan hampir semua prinsip jurnalisme gaya hidup dalam penulisan berita di versi cetak maupun online.Pemberitaan yang diterbitkan di majalah DestinAsian Indonesia tetap merujuk pada aturan jurnalisme yang baku dan tidak berpihak pada merk barang dan jasa yang menjadi sponsor liputan. Kata Kunci: Jurnalisme gaya hidup, produk barang dan jasa, ulasan bersponsor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jurnalisme gaya hidup, produk barang dan jasa, ulasan bersponsor. |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 06:24 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 06:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21077 |
Actions (login required)
View Item |