Putri, Lidwina Adita Aprila (2019) LEARNING CENTRE DI KOTA SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, UAJY.
Text
TA16130.pdf Restricted to Repository staff only Download (57MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan modal utama untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan untuk membangun suatu bangsa. Adanya Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Modal yang melimpah tidak akan berguna secara maksimal tanpa adanya SDM yang berkualitas. Kualitas bangsa Indonesia di masa depan ditentukan oleh generasi muda bangsa yang terdiri dari anak-anak dan remaja Indonesia. Maka dari itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengimplementasikan berbagai program pemenuhan hak dan perlindungan anak demi mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030, salah satunya adalah program Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Kota Surakarta termasuk dalam peringkat tertinggi di Indonesia selain Kota Surabaya, yang hampir mencapai KLA. Namun dalam kenyataannya, Kota Surakarta belum memiliki fasilitas penunjang bidang pendidikan. Maka dari itu Kota Surakarta membutuhkan Learning Centre di Kota Surakarta sebagai pusat pembelajaran untuk memperoleh pengetahuan atau ketrampilan melalui studi dan pengalaman secara langsung. Fungsi dari learning centre ini diklasifikasikan menjadi fungsi pengembangan sistem instruksional, fungsi pelayanan media, fungsi produksi, fungsi administrasi, dan fungsi pelatihan. Banyaknya peserta didik di Kota Surakarta yang memilih melakukan kegiatan belajar di tempat umum seperti kafe karena suasana yang menurut mereka lebih nyaman menyebabkan perlunya desain learning centre yang bersuasana santai interaktif yang tidak terikat nuansa dan penataan yang formal atau kaku melalui pengolahan bentuk dan tata ruang dengan menggunakan pendekatan arsitektur kontemporer. Pendekatan arsitektur kontemporer digunakan karena sesuai dengan nilai yang ingin dicapai pada bangunan learning centre yang mampu menunjukkan modernitas, kreativitas, dan gaya kekinian generasi muda Kota Surakarta. Harapannya, Learning Centre di Kota Surakarta mampu menjadi wadah kegiatan bagi peserta didik, terutama peserta didik yang merupakan pelajar Sekolah Menengah baik Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi untuk mengembangkan diri melalui kegiatan membaca, berinteraksi dengan sesama, dan lingkungan alam sekitar. Kata Kunci: learning centre, santai interaktif, tata ruang, arsitektur kontemporer
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning centre, santai interaktif, tata ruang, arsitektur kontemporer |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 06:28 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 06:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21127 |
Actions (login required)
View Item |