PENGARUH SIKAP, PERSEPSI NILAI, KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN TENTANG EKOLOGI TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP

Santoso, Odilia Eveline (2019) PENGARUH SIKAP, PERSEPSI NILAI, KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN TENTANG EKOLOGI TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21902.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan niat pembelian konsumen pada produk atau jasa perusahaan adalah hal yang harus terus diusahakan. Beberapa cara dapat dilakukan untuk memberikan stimuli peningkatan niat pembelian konsumen. Pada kategori produk ramah lingkungan, sikap, persepsi nilai, kepercayaan, dan pengetahuan tentang ekologi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh sikap, persepsi nilai, kepercayaan, dan pengetahuan tentang ekologi terhadap niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan penilaian konsumen pada variabel sikap, persepsi nilai, kepercayaan, pengetahuan tentang ekologi dan niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan berdasarkan perbedaan karakteristik konsumen. Obyek penelitian adalah produk The Body Shop dan subyek penelitian adalah konsumen yang saat ini sedang menggunakan produk-produk kosmetik dan memiliki keinginan untuk membeli produk kosmetik yang ramah lingkungan. Sampel penelitian sebanyak 115 orang responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis Oneway Anova. Temua hasil penelitian: 1) Sikap, persepsi nilai, kepercayaan dan pengetahuan tentang ekologi mampu memprediksi (mempengaruhi) 62% perubahan niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. 2) sikap, persepsi nilai, kepercayaan dan pengetahuan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. 3) Konsumen dengan rata-rata pendapatan lebih dari Rp 6.000.0001 memiliki persepsi nilai dan niat pembelian pada produk ramah lingkungan The Body Shop dibandingkan konsumen dengan rata-rata pendapatan yang lebih rendah. Kata kunci : sikap, persepsi nilai, kepercayaan, pengetahuan tentang ekologi dan niat pembelian

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap, persepsi nilai, kepercayaan, pengetahuan tentang ekologi dan niat pembelian
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jan 2020 01:46
Last Modified: 27 Jan 2020 01:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item