PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TWITTER PT ANGKASA PURA I BANDARA ADISUTJIPTO DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK

Razali, Fransiscus Andrian (2019) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TWITTER PT ANGKASA PURA I BANDARA ADISUTJIPTO DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan informasi publik. Penelitian ini ingin melihat bagaimana sebuah perusahaan BUMN yang berkewajiban dalam menyediakan informasi publik mengelola media sosialnya dalam menyediakan informasi publik tersebut. Sehingga rumusan masalah yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan informasi publik. Berlandaskan dari dasar-dasar pengelolaan media sosial kepemerintahan, penelitian ini berangkat untuk melihat bagaimana pengelolaan media sosial di sebuah institusi BUMN berjalan dalam rangka untuk memenuhi UU no. 14 Tahun 2008 yaitu tentang informasi publik. Dalam buku Pengelolaan Media Sosial Kepemerintahan terdapat empat tahapan utama yaitu tahapan perencanaan, tahapan pendistribusian konten dan tahapan evaluasi. Berangkat dari situ penelitian ini ingin melihat bagiamana pengelolaan dan dikaitkan dengan menyediakan informasi publik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi. Narasumber yang dipilih oleh penaiti yaitu admin media sosial PT AP I Bandara Adisutjipto, Head Department dari divisi Communication and Legal dan dua Staff Communication and Legal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter PT AP I Bandara Adisutjipto dalam menyediakan informasi publik memiliki tahapan-tahapan yaitu dari perencanaan yang meliputi pembuatan tujuan, menetapkan audiens, menyusun strategi, menyusun pesan dan penggunaan teknologi. Tahapan kedua adalah aktivasi atau pendistribusian konten yang harus memperhatikan akun, frekuensi dan waktu penayangan, pengoptimalisasian kata kunci dan penangan akun kedua media sosial dan tahapan terahkir adalah optimalisasi pada PT AP I Bandara Adisutjipto optimalisasi meliputi evaluasi dan penyusunan laporan Dalam pengelolaan media sosial Instagram dan Twitter, PT AP I Bandara Adisutjipto menjadikan informasi publik menjadi tujuan. Dalam praktiknya informasi-informasi yang ada pada kedua media sosial PT AP I Bandara Adisutjipto adalah informasi yang jenisnya berkala dan informasi serta merta. Kata kunci : Media Sosial, Pengelolaan, Informasi Publik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Pengelolaan, Informasi Publik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:05
Last Modified: 28 Jan 2020 06:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item