REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA DALAM FILM INDONESIA (Analisis Semiotika pada Film Cek Toko Sebelah )

Irawan, Clodya Feronnis (2019) REPRESENTASI ETNIS TIONGHOA DALAM FILM INDONESIA (Analisis Semiotika pada Film Cek Toko Sebelah ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05324.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi etnis Tionghoa dalam film Cek Toko Sebelah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme serta menggunakan metode analisis semiotika yang membagi tanda atas denotasi, konotasi dan mitos. Berdasarkan hasil analisis data, maka kesimpulan pada penelitian ini, bahwa konsep niilai-nilai etnis Tionghoa dalam film “Cek Toko Sebelah” yang didapatkan dari beberapa scene adalah sebagai berikut: (1) anggapan atau stereotip bahwa orang etnis Tionghoa cenderung sombong dan tidak ramah terhadap orang lain, pada film ini sudah terbantahkan. Pada kenyataannya orang etnis Tionghoa ramah dan dapat baik hatinya; (2) orang tua dari etnis Tionghoa lebih senang jika anak mereka menikah dengan orang dari etnis yang sama dan bukan dengan orang pribumi; (3) hubungan kekeluargaan bagi orang etnis Tionghoa adalah hubungan yang lebih utama dan lebih penting dibandingkan hubungan yang lain sehingga orang tua etnis Tionghoa selalu menginginkan yang terbaik dari anak-anak mereka. Pola asuh mereka berbeda dengan orang tua kebanyakan, orang tua etnis Tionghoa dikenal sebagai orang tua yang mendidik anak mereka dengan tekad berjuang yang kuat sebagai hasil dari perjuangan mereka untuk menyambung hidup di negeri orang, sehingga orang tua etnis Tionghoa akan lebih menyenangi anak mereka yang sukses daripada anak mereka yang tidak sukses; (4) bakat bisnis dan kewirausahaan adalah bakat dan pekerjaan yang pilih dan dimiliki oleh mayoritas orang etnis Tionghoa; (5) bisnis keluarga bagi orang etnis Tionghoa adalah kebanggaan yang harus diwariskan secara turun temurun, orang tua etnis Tionghoa ingin anak mereka menjadi penerus bisnis keluarga, karena lebih baik sukses membangun bisnis keluarga daripada sukses di pekerjaan yang lain; (6) orang Tionghoa memilili khas fisik bermata sipit sebagai ras Mongolia. Kata Kunci: Representasi, Nilai, Etnis Tionghoa, Semiotika Barthes, Cek Toko Sebelah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Nilai, Etnis Tionghoa, Semiotika Barthes, Cek Toko Sebelah
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:35
Last Modified: 29 Jan 2020 01:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21225

Actions (login required)

View Item View Item