TAHAPAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA DI PDAM SIRIN MERAGUN

Bonaventura, Ronald Suhendra (2019) TAHAPAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK CITRA DI PDAM SIRIN MERAGUN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05492.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi berdirinya sebuah perusahaan air minum milik pemerintah daerah Kabupaten Sekadau yaitu PDAM Sirin Meragun yang baru berdiri selama empat tahun tepatnya pada 2016. Adapun dalam kegiatannya sebagai perusahaan pelayanan air bersih kepada masyarakat, tentunya terdapat beberapa kendala dan proses dalam mencapai tujuan. Seperti contoh kasus yang dialami PDAM Sirin Meragun terkait kebocoran pipa di lapangan dan program sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat menggunakan air dari PDAM Sirin Meragun, dengan tujuan membentuk citra dari perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan strategi yang digunakan oleh Public Relations PDAM Sirin Meragun dalam membentuk citra yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan dua teori yaitu, teori Citra yang digunakan untuk melihat citra yang ingin dibentuk oleh perusahaan dan Strategi Public Relations digunakan untuk melihat tahapan strategi yang digunakan Public Relations PDAM Sirin Meragun dalam membentuk citra. Metodologi yang digunakan yaitu metode penelitian Deskriptif berupa studi kasus dengan penyajian data dilakukan secara Kualitatif. Teknik pengumpulan data primer yaitu wawancara secara mendalam dan sekundar berupa buku dan tulisan ilmiah, data diperoleh melalui tiga narasumber dengan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang dilakukan menyatakan citra yang ingin dibentuk oleh PDAM Sirin Meragun yaitu citra perlayanan yang menjadi perioritas utama yang diwujudkan melalui visi dan misi perusahaan. Public Relations menyadari pentingnya citra bagi perusahaan untuk membangun identitas perusahaan. Adapun hal lainnya ditemui bahwa Public Relations menggunakan empat tahapan strategi dalam membentuk citra pelayanan. Pertama, riset analisis dengan melakukan analisis situasi.Kedua, strategi dengan dijelaskan melalui sosialisasi menjelaskan isi dari pernyataanm visi dan misi sebagai hal utama. Ketiga, menggunakan taktik yaitu system pelayanan berbeda secara 24 jam dan penggunaan dua media penyebar informasi massa dan nirmassa untuk menjalankan strategi dan keempat, evaluasi berupa Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk melihat efektivitas tahapan strategi yang mempengaruhi keberhasilan membentuk citra yang diinginkan oleh PDAM Sirin Meragun. Kata kunci: Tahapan Strategi membentuk Citra.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tahapan Strategi membentuk Citra.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:03
Last Modified: 29 Jan 2020 02:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21231

Actions (login required)

View Item View Item