Prastowo, Novandanu (2019) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @MORISDIAK DENGAN TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05498.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan followers. Akun Instagram @morisdiak merupakan media yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Penulis meneliti hubungan yang terjadi antara intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan kepuasan yang dirasakan followers. Teori utama yang digunakan adalah uses and gratification, teori ini menjelaskan peranan manusia dalam memenuhi kepuasan akan kebutuhan mereka menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penulis melakukan pengumpulan data dengan metode survei yang mengutamakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi, dengan jumlah responden adalah 93 orang. Setelah data terkumpul, penulis kemudian melakukan pengolahan data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment pearson yang bertujuan untuk mengetahui derajat kekuatan hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan antar variabel. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan followers. Hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi product moment pearson, tingkat kepuasan followers masih rendah karena hasil analisis didapatkan angka koefisien korelasi 0,370 (p<0,05). Artinya, hipotesis bahwa ada hubungan antara intensitas mengakses akun Instagram @morisdiak dengan tingkat kepuasan followers diterima. Angka korelasi antar variabel tersebut jika dipersentasekan menjadi 37% artinya masih ada 63% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: uses and gratification, Intensitas, Kepuasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | uses and gratification, Intensitas, Kepuasan. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 02:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 02:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21232 |
Actions (login required)
View Item |