EKSISTENSI AGEN, LOPER, DAN PENGECER MEDIA CETAK DI ERA SENJAKALA MEDIA CETAK

KRISANTI, MONICA WARIH WIDI (2019) EKSISTENSI AGEN, LOPER, DAN PENGECER MEDIA CETAK DI ERA SENJAKALA MEDIA CETAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05554.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Agen, loper, dan pengecer koran tidak termasuk dalam kategori pekerja media namun berjasa bagi perkembangan perusahaan media cetak dengan membantu mendistribusikan media cetak kepada masyarakat. Di era perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang pesat ini, para penjual media cetak terancam keberadaannya karena perusahaan media yang memilih mempertahankan perusahaan dengan merubah bentuk media dari cetak ke digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi agen, loper, dan pengecer koran di era senjakala media cetak karena perusahaan media yang memilih beralih dari media cetak ke digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi yang bertujuan untuk menggali secara mendalam pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh agen, loper, dan pengecer media cetak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agen, loper, dan pengecer koran mengalami penurunan penjualan yang disebabkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Akan tetapi sesuai dengan teori mediamorfosis yang dikemukakan Roger Fidler, perkembangan media digital tidak bisa serta merta menggantikan keberadaan media cetak. Hal ini membuat para penjual media cetak masih akan terus eksis. Seperti yang diungkapkan juga oleh Vincent Mosco dalam ekonomi politik komunikasi yang menyebutkan bahwa terdapat kekuatan relasi yang bergantian antara proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Relasi tersebut membuat agen, loper, dan pengecer koran tetap eksis selama perusahaan media masih memproduksi media cetak dan konsumen masih membaca media cetak. Kata kunci: agen, loper, dan pengecer, mediamorfosis, ekonomi politik komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: agen, loper, dan pengecer, mediamorfosis, ekonomi politik komunikasi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:29
Last Modified: 29 Jan 2020 02:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21235

Actions (login required)

View Item View Item