Langi, Echisaputritama Tanduk (2019) STRATEGI BRANDING PARIWISATA KABUPATEN TORAJA UTARA DALAM MENINGKATKAN CITRA PARIWISATA. S1 thesis, UAJY.
Text
KOM05753.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu produk yang perlu untuk di promosikan melalui strategi branding. Persaingan antara destinasi wisata memperebutkan wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah, oleh karena itu tiap daerah harus menampilkan citra positif dari tempat tersebut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara yang merupakan instansi Pemerintah juga melakukan strategi-strategi untuk meningkatkan citra Pariwisata Kabupaten Toraja Utara, termasuk strategi branding, dengan menggunakan teori konsep brand positioning, brand identity dan brand personality. Data-data tersebut ditemukan melalui wawancara bersama beberapa narasumber, kemudian data lain juga diperoleh dari media-media pemasaran yang digunakan. Strategi branding menjadi pusat dalam penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi branding pariwisata Kabupaten Toraja Utara dalam meningkatkan citra pariwisata. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana hasil temuan data berupa kata-kata yang diperoleh peneliti melalui wawancara bersama narasumber, narasumber pertama berasal dari dua orang staff bidang pemasarang dan tiga orang wisatawan. Strategi branding dilakukan dengan menggunakan konsep brand positioning, brand identity dan brand pesonality, sedangkan untuk melihat citra brand pariwisata digunakan konsep brand image. Branding brand pariwisata Toraja Utara melalui nama brand, logo brand dan slogan brand yang ditentukan melalui sayembara dan dipilih oleh masyarakat denga pertimbangan pihak-pihak terkait lainnya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi branding yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara sudah menunjukkan hasil yang baik meskipun terdapat beberapa kekurangan, semua komponen dari konsep hampir terpenuhi, dimana brand pariwisata Toraja Utara memiliki keunikan dari segi pariwisata yang berbeda dengan daerah lainnya. Pesonality dari brand pariwisata juga menunjukkan karakter yang dalam yaitu brand pariwisata dengan karakter brand yang ramah penuh makna. Selain itu, citra positif yang ditunjukkan oleh pariwisata Toraja Utara, menunjukkan citra yang positif sesuai dengan pernyataan narasumber (wisatawan).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 03:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 03:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21249 |
Actions (login required)
View Item |