PENGARUH FREKUENSI TERPAAN INFORMASI TENTANG BLOOD DONATION TERHADAP BRAND AWARENESS GRAND AMBARRUKMO YOGYAKARTA PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @GRANDAMBARRUKMO

CARISSA, CLAUDIA (2019) PENGARUH FREKUENSI TERPAAN INFORMASI TENTANG BLOOD DONATION TERHADAP BRAND AWARENESS GRAND AMBARRUKMO YOGYAKARTA PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @GRANDAMBARRUKMO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05853.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi terpaan informasi Blood Donation terhadap brand awarenes Grand Ambarrukmo Yogyakarta pada followers akun Instagram @grandambarrukmo. Di dalam mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan teori pemasaran sosial, kampanye, media baru, dan brand awareness. Berdasarkan tujuan penelitian ini, frekuensi terpaan informasi yang merupakan serangkaian tindakan komunikasi terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu (Venus, 2007:7) yang diukur berdasarkan jumlah terpaan konten yang diterima oleh khalayak dalam jangka waktu tertentu (Tubbs dan Moss,1996:200) diuji pengaruhnya terhadap brand awareness yang meerupakan kemampuan sebuah merek muncul dalam ingatan saat khalayak memikirkan suatu kategori produk (Shimp, 2010:37). Penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif untuk menjelaskan hubungan sebab akibat atau pengaruh yang dihasilkan. Survei melalui kuesioner dilakukan pada populasi yang merupakan followers akun Instagram Grand Ambarrukmo Yogyakarta yakni @grandambarrukmo yang tercatat pada 13 Desember 2018 sebanyak 2.570 orang. Jumlah responden sebanyak 346 responden dipilih secara acak melalui teknik simple random sampling dengan bantuan aplikasi Random Number tanpa adanya pengulangan. Teknik pengukuran data pada penelitian ini menggunakan skala Guttman karena adanya variabel yang bersifat unidimensional, dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas pada seluruh instrumen variabel penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel frekuensi terpaan informasi (X) terhadap variabel brand awareness (Y) secara kuat (0,752) berdasarkan pedoman kategori (Riduwan, 2004:71-95) dengan persentase pengaruh yakni sebesar 56,6%, sedangkan 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini. Nilai signifikansi menunjukkan nilai 0,000 dengan syarat probabilitas < 0,05, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara frekuensi terpaan informasi Blood Donation terhadap brand awarenes Grand Ambarrukmo Yogyakarta pada followers akun Instagram @grandambarrukmo. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam perancangan pemasaran sosial khususnya melalui Instagram. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan media komunikasi atau vehicle lain, seperti Facebook, website, Youtube, Twitter, maupun media cetak dan luar ruang agar bisa dibandingkan efektivitasnya. Kata kunci: pemasaran sosial, frekuensi terpaan informasi, Instagram, brand awareness

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemasaran sosial, frekuensi terpaan informasi, Instagram, brand awareness
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:31
Last Modified: 29 Jan 2020 03:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item