PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN SOLVABILITAS TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017

Sutanto, Andreas (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN SOLVABILITAS TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Audit report lag adalah jangka waktu antara laporan tanggal tahun buku perusahaan sampai dengan tanggal keluarnya lapoan audit. Dengan kata lain, audit report lag adalah interval jumlah hari antara tanggal laporan keuangan sampai tanggal laporan auditor ditandatangani. Lamanya waktu pengauditan dapat mengindikasikan adanya masalah-masalah yang terjadi dalam perusahaan sehingga memberikan sinyal buruk bagi para investor. Salah satu kasus terburuk yang terjadi adalah sebanyak 70 perusahaan yang akan disuspensi oleh BEI pada kuartal I-2017 (Ariyani, 2017). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit report lag, pengaruh kepemilikan publik terhadap audit report lag, dan pengaruh solvabilitas terhadap audit report lag. penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap audit report lag, kepemilikan publik tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit report lag, Ukuran perusahaan, Kepemilikan publik, Solvabilitas, DER, DAR
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:44
Last Modified: 10 Feb 2020 03:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item