LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL PANTI REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOTIKA MELALUI PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT DI KABUPATEN BANTUL

SUKMANINGTYAS, PAULA FRESTI (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL PANTI REHABILITASI PENYALAHGUNA NARKOTIKA MELALUI PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA16029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika saat ini menjadi ancaman serius bagi masyarakat khususnya bagi usia produktif. Dibutuhkan sebuah tempat rehabilitasi yang mendukung proses kesembuhan residen dari ketergantung narkotika. Suasana yang mendukung proses kesembuhan bagi residen diwujudkan dengan pendekatan arsitektur healing environment. Pendekatan arsitektur healing environment atau lingkungan penyembuhan adalah perpaduan antara aspek fisik, alam, dan psikologi yang bertujuan untuk membantu proses adaptasi dari residen selama masa rehabilitasi. Penerapan aspek alam dalam bangunan diwujudkan dalam bentuk healing garden. Healing garden adalah taman atau lanskap yang dirancang dengan tujuan sebagai terapi alam untuk merangsang hal positif seperti menurunkan tingkat stres. Terdapat dua metode penelitian yang digunakan adalah pola prosedural dengan pengumpulan data baik primer maupun sekunder, kemudian analisis yang dirumuskan menjadi sebuah kesimpulan atau konsep dan kerangka berpikir. Konsep pengolahan ruang dalam dilakukan dengan dua cara yaitu (1) menjaga koneksitas (keterhubungan) dengan ruang luar, dan (2) membentuk suasana yang nyaman, leluasa dan akrab. Relasi dengan ruang luar diwujudkan dengan pengolahaan bukaan yang mengarah ke healing garden. Pembentukan suasana ruang yang nyaman, leluasa, dan akrab diwujudkan dengan pemilihan warna, material dan tekstur, serta penataan perabot. Pada ruang luar dilakukan pengolahan dengan healing garden. Konsep pengolahan ruang luar dilakukan dengan dua cara yaitu (1) menjaga koneksitas (pengawasan) dengan ruang dalam, dan (2) membentuk ruang luar yang tenang, nyaman, rileks, dan aman. Pembentukan healing garden diwujudkan dengan pemilihan vegetasi, pemilihan material, dan pemilihan perabot.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rehabilitasi narkotika, suasana ruang yang mendukung proses kesembuhan, healing environment, healing garden.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:04
Last Modified: 13 Feb 2020 02:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21375

Actions (login required)

View Item View Item