LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTER DI MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

DAMIANUS NIKO, PETRUS (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTER DI MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA16260.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Youth Center di Magelang dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan ialah wadah bagi remaja untuk melaksanakan kegiatan pelatihan guna menanamkan atau menumbuhkan pendidikan karakter dengan lingkungan yang berkarakter. Sasaran pengguna ialah para remaja berusia 12-24 tahun dan masih aktif mengeyam pendidikan. Para remaja dapat menggunakan Youth Center dengan mendaftar terlebih dahulu sebagai peserta dengan durasi 1-5 hari. Berdasarkan beberapa fakta, penurunan pendidikan karakter pada remaja cenderung dilakukna oleh para remaja yang aktif bersekolah. Beberapa contoh penurunan pendidikan karakter pada remaja antara lain mencontek, mem-bully, melanggar peraturan sekolah, mencuri, seks bebas, tawuran, vandalisme hingga narkoba. Pendidikan karakter begitu penting bagi remaja untuk menghadapi arus globalisasi yang bisa saja berdampak negatif bagi perilaku remaja. Pendidikan karakter menjadi penekanan pelatihan pada Youth Centerini, dengan empat dimensi penting dalam menumbuhkna pendidikakn karakter. Keempat dimensi tersebut ialah dimensi etik (rohani), dimensi literasi (ilmiah), dimensi estetik (kesenian) dan dimensi kinestetik (olahraga). Keempat dimensi tersebut terwadahi dalam ruangruang pelatihan yang ada di Youth Center ini. Pendekatan konsep arsitektur berkelanjutan diharapkan mampu menjadikan bangunan Youth Center memiliki lingkungan yang berkarakter berdasarkan prinsipprinsip arsitektur berkelajutan. Terdapat sembilan prinsip arsitektur berkelanjutan, diantara ialah ekologi perkotaan, strategi energi, pengolahan air, pengolahan limbah, penggunaan material, komunitas lingkungan, strategi ekonomi, pelestarian budaya dan manajemen operasional. Kesembilan prinsip ini terwadahi dalam ruang, kegaitan maupun konsep pola bangunan dan bentuk bangunan Youth Center sehingga menciptakan lingkungan berkarakter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Remaja, Youth Center, Magelang, Tata Ruang, Arsitektur Berkelanjutan.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:14
Last Modified: 13 Feb 2020 02:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item View Item