PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTEK DAN MAGANG (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)

SUSILO, IAN YULISTIO (2019) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI KERJA PRAKTEK DAN MAGANG (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TF08374.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Magang dan Keja Praktek merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta khususnya prodi Teknik Informatika. Setiap semesternya ada sekitar 50 mahasiswa atau lebih yang melakukan Kerja Praktek atau Magang dengan mendaftarkan diri melalui prosedur yang telah ditetapkan dan menyerahkan berbagai dokumen seperti proposal, form pendaftaran, kartu seminar Kerja Praktek dan Magang, serta fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Selain diharuskan melakukan pendaftaran, mahasiswa harus melakukan bimbingan ke dosen yang telah ditentukan oleh pihak prodi dan melakukan pendaftaran ujian setelah proses Kerja Praktek dan Magang telah dilakukan, namun proses pendaftaran hingga ujian Kerja Praktek dan Magang memiliki prosedur yang cukup rumit. Hal tersebut membuat pihak Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta kesulitan dalam melihat data mahasiswa yang telah melakukan kerja praktek dan magang tiap tahun ajaran. Bimbingan yang terpaut jarak juga salah satu masalah pada proses kerja praktek dan magang, dimana mahasiswa tidak setiap saat dapat bertemu dengan dosen pembimbing dengan hasil bimbingan yang terpantau. Dengan demikian dibuat suatu sistem informasi yang menggunakan framework Laravel untuk server side dan framework Vue.JS untuk client side, sehingga masalah proses bisnis kerja praktek dan magang dapat teratasi. Sistem ini dapat membantu dalam mengakomodasi proses bisnis kerja praktek dan magang menjadi lebih mudah, dan mengurangi adanya kesalahan pemasukan data oleh user. Sistem akan memberikan pelayanan dari pendaftaran, bimbingan, pendaftaran ujian, hingga pengajuan penolakan. Hal ini dapat mempermudah pihak prodi dalam menangani proses kerja praktek dan magang, dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Bimbingan, Kerja Praktek dan Magang, Sistem Informasi
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:44
Last Modified: 17 Feb 2020 02:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item