PENGARUH MANAJEMEN LABA OPORTUNISTIK TERHADAP RELEVANSI NILAI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018

Marlie, Anricson (2019) PENGARUH MANAJEMEN LABA OPORTUNISTIK TERHADAP RELEVANSI NILAI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA22226.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh manajemen laba oportunistik terhadap relevansi nilai laba pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini menggunakan relevansi nilai laba yang merupakan variabel dependen dan manajemen laba oportunistik sebagai variabel independen yang perannya sebagai pemoderasi terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekuner dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang telah terdaftari di BEI selama periode 2014-2018. Sampel penelitian menggunakan metode purposive-sampling. Sampel terpilih sebanyak 44 perusahaan maunfaktur selama 5 tahun sehingga, diperoleh total sampel selama periode 2014-2018 sebanyak 220. Penelitian ini melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, serta melakukan uji hipotesis alternatif menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian penelitian ini adalah bahwa manajemen laba oportunistik berpengaruh negatif signifikan terhadap relevansi nilai laba. Artinya, semakin meningkatnya perilaku manajemen laba maka akan semakin menurunnya relevansi nilai laba. Kata kunci : manajemen laba oportunistik, relevansi nilai laba, pasar modal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: manajemen laba oportunistik, relevansi nilai laba, pasar modal
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:59
Last Modified: 18 Feb 2020 06:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21477

Actions (login required)

View Item View Item