PEMANFAATAN DATA MININGUNTUKMEMBERIKAN USULAN PERBAIKAN DISPLAYBARANG DIRETAILX

SUSANTO, ALBERTUS JAYA PRATAMA (2020) PEMANFAATAN DATA MININGUNTUKMEMBERIKAN USULAN PERBAIKAN DISPLAYBARANG DIRETAILX. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (TI 08321)
TI 08138.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Retail merupakan pemasaran produk yang meliputi aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen. Usaha ini banyak dijumpai di kota besar maupun di pelosok desa, dimana ada berbagai macam model Retail di Indonesia, yang membedakan dari Retail satu dengan yang lainya adalah dari model penyimpanan data, pembayaran, dan peletakan display. Maka dari itu peneliti tertarikuntukmenelitilebih lanjutmengenairetailyang ada di Indonesia. Peneliti melakukan penelitian di Retail X, retail ini menjual makanan ringan dan sembako untuk kebutuhan warga sekitarnya. Retail ini hanya melayani konsumen umum. Pemilik retail ingin mencoba apakah letak display produk yang dipindah berdasarkan produk yang saling berkaitan dapat meningkatkan omzet penjualan, Salah satu perubahan yang ingin dilakukan adalah pendekatan produk yang saling berkaitan untuk mengetahui seberapa banyak atau sering produkitu dibeli oleh konsumen. Peneliti melakukan pengalian informasi dengan data mining, yaitu penggalian data untuk mendapatkan informasi, terhadap data transaksi penjualan Retail X selama enam bulan terakhir 2018. Berikut peneliti melakukan market basket analysis bertujuan untuk melihat item saling terkait yang diletakan satu keranjang belanjaan pada konsumen. Metode dalam melakukan pengolahan data adalah association rule dengan algoritma apriori dengan bantuan software Excel dan software Tanagra. Berikut mendapatkan produk apa saja yang saling terkait, peneliti melakukan usulan perbaikan display, dengan mendekatkan produk yang saling berkaitan satu dengan produk yang lain. Berikut peneliti melakukan perbandingan sebelum melakukan usulan dan setelah usulan, apakah usulan tersebut berpengaruh terhadap omzet penjualan Retail X. Maka setelah dilakukan penerapan usulan perbaikan display selama sebulan. Usulan yang diberikan mampu untuk meningkatkanomzet penjualan Retail X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Retail, Display, Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rule, Apriori
Subjects: Industrial Engineering > Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2020 05:08
Last Modified: 02 Mar 2020 06:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item