PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI PT. LANGGENG AGRONUSA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL BERBASIS WEB

JAYA, NATHAN CHRISTIANSEN (2020) PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI PT. LANGGENG AGRONUSA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL BERBASIS WEB. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Teknik Industri)
TI 08491.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di jaman yang serba modern ini, segala sesuatu dituntut untuk menjadi lebih mudah dan cepat termasuk di dalamnya adalah transaksi jual beli. PT. Langgeng Agronusa merupakan suatu usaha yang bergerak pada bidang pendistribusian yoghurt dengan brand Yoforia. Di dalam melakukan transaksi masih dicatat secara manual dalam bentuk nota, dalam mengolah data dan pembuatan laporrannya sering mengalami ketidakakuratan data dan keterlambatan dalam penyampaian informasi data. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pengembangan sistem informasi yang dapat membantu penyampaian informasi tersebut secara akurat dan cepat. Dalam melakukan pengembangan sistem informasi ini dibatasi oleh level penelitian pada tingkatan Transaction Processing System (TPS), dan pembuatan aplikasi menggunakan PHP dan MySQL sebagai database. Penelitian ini berdasar pada metode System Development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari beberapa tahapan yakni analisi, perancangan hingga implementasi. Lalu untuk mengetahui aktivitas bisnis pada PT. Langgeng Agronusa maka dilakukan analisis terhadap proses bisnis usaha tersebut, kemudian memberikan usulan pengembangan berupa pembuatan aplikasi berbasis computer. Perancangan aplikasi dilakukan dengan mengidentifikasi aliran data, dan hubungan yang terjadi antar entitas dengan pembuatan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) serta Database. Setelah pembuatan aplikasi selanjutnya masuk ke dalam tahap implementasi berupa pelatihan penggunaan aplikasi. Hasil dari penelitian di PT. Langgeng Agronusa, dapat dibuat kesimpulan bahwa dengan dibangunnya sistem informasi penjualan diharapkan dapat membantu admin dalam mengelola data customer, data barang dan transaksi penjualan lebih cepat dan dapat mengurangi kesalahan dalam proses pencatatan data serta mengurangi kesalahan dalam penyampaian laporan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Transaction Processing System, System Development Life Cycle, Aplikasi berbasis computer.
Subjects: Industrial Engineering > Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:00
Last Modified: 02 Mar 2020 06:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item