Hizkia, Nova (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN EDUKASI BUDAYA JAMBI. S1 thesis, UAJY.
Text
TF 07290.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Abstract
Budaya tidak dapat lepas dari kehidupan manusia, budaya sebagai akar kehidupan terutama bagi kita masyarakat Indonesia, namun sayangnya saat ini banyak masyarakat di Indonesia terutama kaum remaja kurang peduli terhadap budaya di Indonesia. Karena itu munculah tujuan penelitian untuk rancang bangun aplikasi edukasi budaya Jambi. Sumber data yang diambil untuk membangun aplikasi tersebut yaitu dengan mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan aplikasi permainan peran dan kebudayaan Kota Jambi. Pengumpulan informasi dilakukan melalui studi berdasarkan jurnal, buku, dan atau artikel yang ada secara fisik maupun non fisik di internet. Salah satu fitur dari permainan ini adalah mengenalkan pengetahuan kebudayaan Jambi dan menjawab kuis yang memiliki beberapa tingkat kesulitan. Permainan dibangun untuk perangkat telepon pintar berbasis Android menggunakan Unity Game Engine. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah terselesaikannya rancang bangun aplikasi permainan edukasi budaya Jambi dan berdasarkan hasil kuisioner, 70% responden menyatakan bahwa kemampuan mengenai kebudayaan Jambi mereka bertambah. Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata nilai tes soal kebudayaan Jambi yang dikerjakan oleh responden sebelum dan sesudah memainkan aplikasi. Rata-rata nilai tes sebelum menggunakan aplikasi adalah 6.02 sedangkan sesudah menggunakan aplikasi adalah 8.35. Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata–rata nilai sebanyak 2.37 poin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebudayaan, Jambi, permainan, edukasi |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 06:36 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 06:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21503 |
Actions (login required)
View Item |