PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada industri bakpia di Yogyakarta)

Hartono, Tommy (2020) PENGARUH MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada industri bakpia di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM021917.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan harus mampu meningkatkan loyalitas pelanggan pada produk atau jasa yang dijual. Salah satu kunci untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif dapat dibagun melalui perbaikan manajemen rantai pasokan. Penelitian dilakukan untuk menguji: 1) Pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap keunggulan kompetitif, 2) Pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan, 3) Pengaruh keunggulan kompetitif terhadap kinerja perusahaan, dan 4) Peranan keunggulan kompetitif dalam memediasi pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada 90 industri bakpia di Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier, dan path analysis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Industri bakpia di Yogyakarta memiliki manajemen rantai pasokan yang baik, memiliki keunggulan kompetitif yang banyak dan memiliki kinerja perusahaan yang tinggi. 2) Manajemen rantai pasokan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. 3) Manajemen rantai pasokan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. 4) Keunggulan kompetitif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. 5) Keunggulan kompetitif memediasi sebagian pengaruh manajemen rantai pasokan terhadap kinerja perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen rantai pasokan, keunggulan kompetitif, dan kinerja perusahaan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:39
Last Modified: 04 Mar 2020 03:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21535

Actions (login required)

View Item View Item