PERANCANGAN KLINIK GERIATRI DI SLEMAN D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK

Kurniawati, Christiana Ageng (2020) PERANCANGAN KLINIK GERIATRI DI SLEMAN D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA015932.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Munculnya suatu fenomena dimana terjadi peningkatan jumlah lansia dari tahun 1971 hingga diperkirakan sampai tahun 2035 di Indonesia. Jumlah lansia terbanyak terletak di daerah Sleman, D.I Yogyakarta sebesar 155.317 jiwa. Bertambahnya jumlah lansia tidak sebanding dengan jumlah pelayanan kesehatan khusus bagi lansia yang yang ada di Indonesia. Lansia memiliki kondisi tubuh yang rentan akan penyakit dikarenakan daya tahan tubuh yang mulai berkurang. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada kondisi fisik saja namun psikis pula. Oleh karena itu perlu pelayanan kesehatan khusus bagi lansia. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan holistik merupakan suatu pelayanan menyeluruh baik fisik maupun psikis, hal ini sesuai dengan prinsip yang dibutuhkan pada pelayanan kesehatan lansia atau geriatri yaitu pelayanan kesehatan yang menyeluruh. Dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang holistik, maka Klinik Geriatri memberikan suatu keunggulan dalam desain bangunan yaitu berupa pengolahan elemen tata ruang dalam dan luar dengan pendekatan arsitektur organik yang tidak hanya berkonsetrasi pada pengolahan fisik bangunannya namun juga memberikan suatu energi positif bagi penghuni bangunan sehingga pelayanan kesehatan holistik tercapai. Perancangan klinik geriatri melalui pendekatan arsitektur organik merupakan pendekatan yang melibatkan alam serta lingkungan sekitar sehingga tercipta keselarasan antara keduanya, selain itu salah satu prinsip arsitektur organik yaitu integritas rohani dalam arsitektur dimana kualitas bangunan harus sejalan dengan kualitas bangunan. Klinik geriatri tidak hanya memberikan penyembuhan dengan pelayanan secara fisik yang kita rasakan pada penataan ruang dalam namun secara tidak langsung mampu memberikan suatu energi positif yang mampu meningkatkan kesembuhan secara psikis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Sleman, Klinik Geriatri, Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Holistik, Tata Ruang Dalam, Tata Ruang Luar, Arsitektur Organik
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:47
Last Modified: 05 Mar 2020 02:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21557

Actions (login required)

View Item View Item