DENTIFIKASI, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN BAHAYA K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI PT X DENGAN METODE HIRARC

Kurniawati, Rani (2020) DENTIFIKASI, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN BAHAYA K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI PT X DENGAN METODE HIRARC. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI_08615.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Kusuma merupakan produsen gula olahan. Produksi gula olahan dilakukan di Kubangkangkung, Cilacap. Sering terjadinya kecelakaan menjadi permasalahan yang dihadapi perusahaan. Kecelakaan kerja yang sering terjadi di PT. X mulai dari tingkat resiko rendah, menengah dan tinggi. Kecelakaan yang sering terjadi di PT. X yaitu tangan pekerja terkena tetesan gula panas, tangan pekerja terkena percikan api pada saat menyalakan tungku, nyeri pada bagian-bagian tubuh akibat mengangkat benda berat, kelelahan berdiri dalam waktu yang lama, tersandung karena banyaknya perkakas yang tidak rapi dan cedera punggung karena posisi tubuh yang membungkuk. Permasalahan mengenai kecelakaan kerja ini diselesaikan menggunakan metode HIRARC. Bahaya yang memiliki nilai RRN terbesar kemudian dikembangkan dengan FTA untuk mengetahui sumber bahaya. Dari setiap sumber bahaya, Risk Control dilakukan dengan hierarki pengendalian resiko. Penelitian ini menghasilkan pengendalian resiko untuk meminimalkan angka kecelakaan kerja dengan metode HIRARC.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kerja, HIRARC (Hazard Identification, Risk Assesment, Risk Control), FTA (Fault Tree Analysis).
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:33
Last Modified: 09 Mar 2020 03:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item