PENGARUH DAYA TARIK PESAN DIGITAL MARKETING CAMPAIGN #INSTAREHAT TRAVELOKA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Laila, Anastasia Oktaviani (2019) PENGARUH DAYA TARIK PESAN DIGITAL MARKETING CAMPAIGN #INSTAREHAT TRAVELOKA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05732.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik pesan digital marketing campaign #instarehat Traveloka terhadap perilaku konsumen. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu komunikasi dalam komunikasi pemasaran digital dan dapat menjadi rekomendasi bagi online travel agencies dalam membuat pesan yang lebih menarik bagi konsumen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penulis menggunakan kuesioner yang terdiri dari 32 butir pernyataan. Peneliti menyebarkan kuesioner ke 100 responden, yaitu pengikut akun Instagram Traveloka berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment untuk mengetahui keeratan hubungan antar variabel dan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui besar pengaruh antar variabel. Pengukuran daya tarik pesan menggunakan tiga indikator, yaitu daya tarik rasional, daya tarik emosional, dan daya tarik moral. Perilaku konsumen menggunakan lima indikator, yaitu attention, interest, search, action, dan share. Setelah dilakukan uji korelasi diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,644 yang berarti tingkat keeratan hubungan antara daya tarik pesan digital marketing campaign #instarehat Traveloka terhadap perilaku konsumen termasuk kategori kuat dan hubungan kedua variabel adalah positif. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh hasil R Square sebesar 0,415. Hasil tersebut menunjukkan besar kontribusi daya tarik pesan digital marketing campaign #instarehat Traveloka mempengaruhi perilaku konsumen sebesar 41,5%. Sedangkan sisanya yaitu 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing Campaign, Daya Tarik Pesan, Perilaku Konsumen, AISAS
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:44
Last Modified: 09 Mar 2020 04:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item