Mengevaluasi Program Integrasi Gender Dalam Mata Kuliah Pengantar Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Handoko, V. Sundari (2010) Mengevaluasi Program Integrasi Gender Dalam Mata Kuliah Pengantar Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. In: Lokakarya Nasional Pengakuan Studi Wanita Sebagai Bidang Ilmu, 27-28 Oktober 2010, Malang, Universitas Brawijaya.

[img]
Preview
Text
Mengevaluasi Program Integrasi Gender dalam Mata Kuliah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program integrasi(seharusnya pengintegrasian konsep) gender dalam kurikulum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UAJY bertujuan menghasilkan lulusan yang siap memasukkan materi sensifitas dan keadilan gender dalam dunia kerja (seharusnya: memahami dan mengerti konsep gender yaitu keadilan dan kesetaraan gendering tujuannya agar dapat diterapkan dalam segala aspek kehisupan baik ranah domestic maupun public). Salah satu mata kuliah pengantar dengan integrasi gender ( seharusnya : yang mengintegrasikan konsep gender di dalamnya) adalah Pengantar Sosiologi, dimana hasil evaluasi melalui pre test dan post test menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan mempunyai rata-rata skor pemahaman dan wawasan yang cenderung lebih tinggi daripada laki-laki, baik sebelum dan sesudah perkuliahan. Hal ini bermakna bahwa perkuliahan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswatentang gender dan keadilan gender. Bahkan melihat standard deviasi dari data ( ditambah:yang telah diolah) menunjukkan penurunan yang signifikan ( seharusnya: yang berarti namun tidak signifikan, bahkan cenderung sangat kecil), artinya perkuliahan mampu merapatkan kesenjangan pemahaman mahasiswa laki-laki dan perempuan.meskipun demikian masih dibutuhkan mata kuliah-mata kuliah selanjutnya dengan integrasi gender (seharusnya: yang mengintegrasikan konsep gender si dalamnya) supaya mahasiswa, semakin paham dan menghargai keberagaman (ditambah: serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan gender).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jun 2020 09:53
Last Modified: 13 Jul 2020 03:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item