ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN JUMLAH PENGANGGURAN TERBUKA TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI KABUPATEN/KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2018

Ninef, Yuniarista Hebrina A. (2020) ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENDUDUK DAN JUMLAH PENGANGGURAN TERBUKA TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI KABUPATEN/KOTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2018. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text
15 11 22114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan salah satu hal yang menarik karena di dalamnya terdiri dari banyak dinamika baik itu secara mikro maupun secara makro. Pembangunan selalu menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif, oleh karena itu di perlukan indikator sebagai tolak ukur terjadinya pembangunan. Suatu negara akan dikatakan sukses dalam pembangunan ekonomi jika telah menyelesaikan tiga masalah dalam pembangunan. Ketiga masalah tersebut adalah jumlah kemiskinan yang terus meningkat, jumlah penduduk yang semakin meningkat dan lapangan pekerjaan yang tidak variatif sehingga tidak mampu menyerap para pencari kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jumlah penduduk dan tingkat pengangguran terbuka terhadap kemiskinan yang ada di kabupaten/kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sehinggah dapat melengkapai rangkuman yang dibuat. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data tingkat jumlah penduduk, tingkat pengangguran terbuka, dan tingkat kemiskinan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012-2018 . kemudian di lakukan pengilahan data menggunakan metode regresi liner berganda dengan data panel menggunakan aplikasi eviews. Hasil Akhir dari analisis data adalah Jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di kabupaten/kota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012-2018 dan Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di kabupaten/kota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012-2018. yang artinya bahwa kenaikan atau penurunan jumlah Penduduk dan pengangguran di kabupaten/kota Daerah Istimewa Yogyakarta membawa dampak terhadap kemiskinan di di kabupaten/kota Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jumlah penduduk, tingkat pengangguran terbuka, kemiskinan, kabupaten/kota Daerah Istimewa Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jul 2020 06:58
Last Modified: 15 Jul 2020 06:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21830

Actions (login required)

View Item View Item