LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN PADUAN SUARA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT

JANUAREZA, SEBASTIAN (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN PADUAN SUARA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
140115367.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41MB)

Abstract

Paduan suara adalah salah satu aspek bidang seni dari beragam jenis kesenian yang terdapat di Yogyakarta. Sebagai bidang seni, paduan suara di Yogyakarta telah mengalami perkembangan dalam lingkup regional. Perkembangan terjadi pada kualitas pola latihan, kelompok paduan suara, jenis-jenis lagu, aransemen lagu dan komposisi, dan pelaksanaan kegiatan berkonsep paduan suara. Pusat Pengembangan dan Pelatihan Paduan Suara di Yogyakarta merupakan fasilitas pelatihan paduan suara yang bertujuan mengembangkan seni paduan suara ke lingkup nasional dan internasional. Usaha pengembangan seni paduan suara di Yogyakarta dilakukan dengan menyediakan fasilitas pelatihan paduan suara. Fasilitas pelatihan paduan suara berfungsi meningkatkan kualitas kelompok paduan suara yang diimplementasikan melalui bentuk ruang pelatihan, ruang literasi paduan suara, dan ruang pementasan. Ruang-ruang yang tersedia pada Pusat Pengembagnan dan Pelatihan Paduan Suara memiliki tujuan yang satu yaitu mewujudkan kelompok paduan suara di Yogyakarta yang menjadi kebanggaan Nasional. Dalam bernyanyi paduan suara dibutuhkan 2(dua) faktor yang menjadi penekanan utama yaitu faktor akustika ruang dan psikologi penyanyi. Akustika ruangan dibutuhkan dalam seni paduan suara sebagai sarana menyampaikan suara asli penyanyi menuju pendengar tanpa alat bantuan pengeras suara. Suara asli penyanyi yang bernyanyi bersama-sama yang didengar tanpa bantuan alat pengeras suara merupakan karakter identitas dari seni paduan suara. Suara asli manusia dipengaruhi oleh aspek psikologi penyanyi. Keadaan mental penyanyi yang sehat memaksimalkan performa penyanyi melalui keadaan anggota tubuh yang rileks. Untuk menyelesaikan masalah kebutuhan paduan suara, dibutuhkan pendekatan desain yang sanggup memenuhi kebutuhan psikologi penyanyi. Untuk memenuhi kebutuhan psikologi penyanyi dibutuhkan suasana ruang yang mampu mencegah terjadinya stress. Healing Envitonment merupakan pendekatan desain yang bertujuan menciptakan lingkungan yang menyembuhkan melalui segi fisik dan psikologi. Kehadiran Pusat Pengembangan dan Pelatihan Paduan Suara di Yogyakarta diharapkan memberikan kestabilan performa penyanyi melalui pendekatan Healing Environment.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat, Pelatihan, Pengembangan, Paduan Suara, Fasilitas, Akustika, Lingkungan, Psikologi
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:38
Last Modified: 27 Jul 2020 03:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item