LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL SUPERMARKET DAN TAMAN REKREASI DI KOTA PURWOREJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

PRASETYO, MARTINUS AFRIANO CAHYO (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL SUPERMARKET DAN TAMAN REKREASI DI KOTA PURWOREJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150115867.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kehadiran Supermarket sangat diminati oleh banyak orang dan menjadi salah satu komoditas penting perekonomian di dunia termasuk di Indonesia. Pengaruhnya pun membawa dampak yang sangat positif bagi konsumennya, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan dengan beragam fasilitas yang nyaman, dan lebih modern bagi pengunjungnya. Dalam lingkup Indonesia, Khususnya Jawa Tengah, Kota Purworejo merupakan salah satu kota yang tidak bisa dibilang kota besar, namun dikelilingi oleh kota kota yang berkembang seperti Yogyakarta dan juga Magelang. Walaupun memang saat ini Kota Purworejo dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, namun sebenarnya Purworejo memiliki banyak potensi untuk dijadikan kota yang berkembang dengan cukup pesat. Studi perancangan bangunan Supermarket dan Taman Rekreasi ditujukan pada salah satu daerah yang terdapat di Kota Purworejo dengan lokasi yang cukup strategis untuk dibangun Supermarket. Menurut data Kabupaten Purworejo beberapa tahun lalu, Purworejo akan dibangun sebuah Mall megah bernama Purworejo Green Park, namun dikarenakan adanya beberapa kendala, maka proyek tersebut sempat tertunda dan tidak dilanjutkan kembali. Potensi masih masih dapat berkembang dengan pengolahan dan pemanfaatan wisata alam, dan kuliner yang terdapat di Purwrejo. Dengan pembangunan Supermarket dan Taman rekreasi baru di kota Purworejo ini diharapkan warga Purworejo dan sekitarnya dapat tertarik, dan menjadi salah satu destinasi wisata yang baru di Kota Purworejo. Melalui perencanaan tersebut, bangunan Supermarket dan taman rekreasi ini mengusung konsep modernisasi dengan pendekatan kontemporer sehingga mampu menarik minat pengunjung. Selain itu, pengelolaan ruang dalam dan luar ruangan yang menjadi ikon baru dikota Purworejo diharapkan mampu menarik wisatawan dari dalam maupun luar kota Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Supermarket, Taman rekreasi, Purworejo, Kontempor
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:19
Last Modified: 27 Jul 2020 04:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item