LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL REDESIGN PASAR TRADISIONAL LAHAT, SUMATERA SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

ALVERINA, NADIA (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTURAL REDESIGN PASAR TRADISIONAL LAHAT, SUMATERA SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150115882.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pasar Tradisional selain mempunyai peranan dalam aktvitas ekonomi masyarakat, juga mempunyai peranan penting dalam aktivitas sosial. Peranan tersebut adalah sebagai temoat melakukan aktivitas sosial, pasar tradisional merupakan sebuah tempat untuk inetraksi, komunikasi, dan informasi serta merupakan tempat keramaian dan tempat hiburan. Pasar Tradisional saat ini kurang menarik perhatian masyarakat, sehingga masyarakat mulai beralih ke Pasar Modern. Hal ini dikarenakan tingkat pelayanan yang sangat terbatas dan tidak adanya magnet yang dapat menarik perhatian pengunjung di dalam Pasar Tradisional, salah satunya adalah Pasar Tradisional di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Permasalahan arsitektur yang terdapat di Pasar Tradisional Lahat ini meliputi kondisi ruang dan sirkulasi yang belum memenuhi SNI Pasar rakyat serta tamoilan yang tidak mencerminkan identitas pasar rakyat. Oleh karena itu, perlu dilakukannya redesain pada bangunan pasar tradisional Lahat ini untuk mengembalikan vitalitas ekonomi yang menurun, yang dimana perlu adanya suasana nyaman dan interaktif melalui pengelolahan tatanan ruang dalam dan ruang luar dengan pendekatan arsitektur perilaku, yaitu dengan mengatur jarak ruang interaksi serta pengolahan bentuk, jenis bahan, warna, tekstur, ukuran/skala/prporsi yang diharapkan dapat menimbulkan sebuah pengalaman meruang bagi pemakainya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: arsitektur perilaku, pasar tradisional, pasar rakyat, redesain
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:57
Last Modified: 27 Jul 2020 04:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item