LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA DI SLEMAN, D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI

DEVI, LARAS SINTIA (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA DI SLEMAN, D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150115912.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai salah satu fokus utama kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia, sektor pariwisata adalah jawaban yang dicari dalam mengurangi tingkat pengangguran. Alasan lainnya karena pengeluaran modal di sektor tersebut lebih sedikit dibandingkan sektor lainnya. SDM (sumber daya manusia) adalalah kunci utama pengembangan sektor pariwisatam sehingga perlu adanya instansi pendidikan dalam pelatihan SDM. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah instansi pedidikan yang dipilih karena siswa dididik untuk langsung terjun ke lapangan kerja dan memenuhi keinginan pemerintah dalam menaikkan jumlah SMK. Permasalahan serius mengenai ekonomi merambah ke berbagai daerah, salah satunya adalah Kabupaten Sleman. Perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia yang belum merata, memberikan dampak pada peningkatan jumlah tingkat pengangguran. Solusi untuk memperkecil potensi penggangguran adalah tren berwirausaha. Pelajaran kewirausahaan di SMK belum di implementasikan sepenuhnya. Pembangunan SMK Pariwisata menyediakan tenaga kerja agar Sleman semakin berkembang. Pertanggungjawaban sosial dan ekonomi pada kebutuhan ruang dan cara mengefektifkan kinerja kewirausahaan, sedangkan pertanggungjawaban lingkungan dari konsep arsitektur ekologi. Pada pertanggungjawaban ekonomi, ruang praktik siswa merupakan tempat agar siswa memahami tahap dan cara- cara dalam berbisnis, baik dari pembentukan ide, pembuatan, manajemen waktu dll. RPS perlu menjadi ruang fleksibel bagi siswa SMK, menjadi ruang diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMK Pariwisata, Entrepreneurship, Arsitektur Ekologi,
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2020 05:08
Last Modified: 27 Jul 2020 05:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item