LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA

SANDIWAN, YOHANES LEO (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK DI KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150115924.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Ruang publik terpadu ramah anak atau lebih dikenal dengan nama (RPTRA) merupakan salah satu bentuk implementasi Konvensi Hak Anak yang diturunkan dalam peraturan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 11 tahun 2011 tentang Kebijakan Kabupaten layak Anak, ruang ini juga muncul dari aspirasi masyarakat yang menginginkan ruang kegiatan rekreatif yang ramah anak di luar sekolah yang dapat diakses semua orang, Desa Condongcatur merupakan desa dengan tingkat fertilisasi tertinggi dibanding dua desa lainya, hal ini memproyeksikan kebutuhan ruang publik yang tinggi dimasa yang akan datang, sebaliknya, Desa Condongcatur tidak memiliki ruang publik berpredikat ramah anak tingkat desa, sehingga kebutuhan ruang publik ramah anak menjadi hal yang penting untuk dihadirkan. Berkaca dari ruang publik ramah anak yang sudah ada di Kabupaten Sleman, kecenderungan perancangan sebatas pengadaan wahana bermain tanpa adanya penyelesaian terhadap kebutuhan anak. Konsep Pendekatan psikologi anak dirasa cukup mampu membawa rancangan dalam menjawab kebutuhan anak, terdapat tiga poin utama pendekatan psikologi anak yaitu perkembangan motorik, kognitif dan afektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ruang publik terpadu ramah anak, Psikologi anak, Motorik, Kognitif dan Afektif
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2020 05:25
Last Modified: 27 Jul 2020 05:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21863

Actions (login required)

View Item View Item