PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN TOUR TRAVEL DAN SISTEM REKOMENDASI PAKET WISATA DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE CONTENT-BASED FILTERING

Cahyadi, Anggun Dwi (2020) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN TOUR TRAVEL DAN SISTEM REKOMENDASI PAKET WISATA DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE CONTENT-BASED FILTERING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text
130707364.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di sektor wisata membuka kesempatan yang sangat luas untuk masyarakat ikut dalam bisnis jasa pariwisata, salah satunya menjadi penyedia jasa Tour dan Travel di Yogyakarta. Perkembangan yang pesat di bidang sistem informasi meningkatkan persaingan pemasaran di dunia digital, sehingga banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa pariwisata. Ketersediaan Website menjadi salah satu fitur wajib yang dibutuhkan oleh penyedia jasa pariwisata untuk memasarkan jasa pariwisata menjadi lebih luas karena banyaknya informasi-informasi obyek wisata yang dapat ditampilkan di Website, dengan Website pertukaran informasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, maka dibangun sistem informasi pelayanan Tour Travel yang lebih interaktif dan bisa diakses dengan baik menggunakan Desktop maupun Smartphone. Mengingat banyaknya obyek wisata di Yogyakarta maka fitur rekomendasi paket wisata berdasarkan kriteria yang diisikan oleh pengguna akan sangat berguna. Pembangunan sistem informasi pelayanan Tour Travel ini menggunakan framework Laravel sehingga tampilan akan lebih dinamis dan menarik karena menggunakan Responsive Design. Data obyek pariwisata diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sistem rekomendasi dalam memberikan pelayanan paket wisata di Yogyakarta menggunakan metode Content-Based Filtering sehingga menghasilkan rekomendasi paket wisata yang sesuai dengan masukan kriteria oleh pengguna. Sistem informasi pelayanan Tour Travel dapat mempermudah para wisatawan yang ingin berekreasi di Yogyakarta karena dapat memperoleh informasi yang tepat sesuai dengan keinginan wisatawan. Hasil dari penelitian ini sistem bisa mengolah data-data dari wisatawan untuk dapat memberikan informasi rekomendasi yang tepat untuk wisatawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Website, Laravel, Content-Based Filtering.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:44
Last Modified: 28 Jul 2020 05:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21873

Actions (login required)

View Item View Item