LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GALERI SENI RUPA DAN STUDIO ALAM ANAK-ANAK DI BANTUL

RATRI, PUTRI KARTIKA AYU (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GALERI SENI RUPA DAN STUDIO ALAM ANAK-ANAK DI BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150116060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Propinsi D.I. Yogyakarta merupakan Propinsi yang memiliki kebudayan dan seni yang sangat beragam. Salah satu kabupaten di Propinsi ini adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten Bantul memiliki banyak ragam kegiatan seni dan budaya. Sudah banyak wadah kegiatan seni yang didirikan di kabupaten ini. Kegiatan seni tersebut terdiri seni lukis, seni tari, seni wayang dan lain-lain. Salah satu potensi seni yang akan terus berkembang di Kabupaten ini adalah pada seni rupa nya. Wadah yang menampung kegiatan seni rupa ini yaitu galeri seni. Meskipun sudah banyak, namun tidak dipungkiri bahwa dunia seni akan terus berkembang hingga turun pada anak cucu nanti. Melestarikan dan mengenalkan seni pada anak-anak sangat penting. Namun, perkembangan seni juga akan diiringi dengan perkembangan dunia yaitu yang menyangkut isu global dewasa ini, salah satunya perubahan iklim. Anak-anak yang akan meneruskan perkembangan seni juga diharapkan dapat mengenali perubahan alam yang akan mereka rasakan di masa depan. Sehingga pengenalan alam dan seni sejak dini sangat penting untuk merespon dan menyadarkan masyarakat saat ini akan isu global. Rancangan bangunan galeri seni rupa dan studio alam anak-anak ini akan mengadaptasi dari konsep perancangan yang mengacu pada alam, yaitu pendekatan arsitektur organic.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: galeri, seni, alam, anak-anak, arsitektur organik
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:29
Last Modified: 30 Jul 2020 01:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item