LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR KANTOR SEWA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK

SULISTIAN, ANANDA BASTIAN (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR KANTOR SEWA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150116064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Kantor sewa sebagai wadah untuk menampung kegiatan administratif di Yogyakarta didesain pada sebuah tapak yang berlokasi di perempatan jalan yang mana di sebelah timur ialah Jl. Ipda Tut Harsono dan di sebelah selatan ialah Jl. Kenari, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Lokasi tapak bangunan ini berada tepat di sisi sebelah barat Hotel Gaia Cosmo. Dengan dikelilingi oleh berbagai, hotel, kedai kopi, warung makan, café, dan restaurant. Lokasi tapak juga berdekatan dengan kantor-kantor layanan publik dan tempat peribadatan. Bangunan kantor sewa merupakan respon terhadap kegiatan ekonomi yang tinggi pada wilayah tersebut, tingginya harga lahan karena keterbatasan lahan, diikuti dengan kebutuhan terhadap lahan khususnya di area-area strategis. Apabila dihubungkan dengan faktor-faktor diatas Yogyakarta memenuhi aspek tersebut. Yogyakarta merupakan salah satu kota besar dengan laju pertumbuhan ekonomi yang baik, harga tanah yang terus menerus meninggi, dan karena keterbatasan lahan dengan peruntukan tertentu. Arsitektur Bioklimatik merupakan respon terhadap pemakaian energi pada bangunan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Bangunan bioklimatik dirancang mengutamakan penghematan energi dengan berhubungan dengan iklim setempat. Desain yang merespon iklim akan menghasilkan bangunan yang berinteraksi dengan dengan lingkungannya dan berdampak pada operasional bangunan yang efisien dalam penggunaan energi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kantor Sewa, Kota Yogyakarta, Arsitektur Bioklimatik, efisiensi energi.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:41
Last Modified: 30 Jul 2020 01:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item