LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PASAR KENANGA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN PARIWISATA KAMPUNG BETING

PUTRA, A CHRISTIAN PRATAMA (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PASAR KENANGA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN PARIWISATA KAMPUNG BETING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
150116194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Salah satu peradaban kampung air yang masih ada di Pontianak hingga saat ini adalah Kampung Beting. Kampung Beting adalah sejarah awal perkembangan Kota Pontianak. Namun sayangnya setelah tata pemerintahan berganti dari kesultanan ke republik, masyarakat Kampung Beting yang semula merupakan abdi Keraton mulai tidak dapat membiayai hidupnya. Masalah ekonomi membuat tempat ini mulai dikenal dengan stigma negatif karena sering terjadinya kasus kriminalitas serta keadaan lingkungan hidup (sungai) yang kurang sehat. Menyikapi hal tersebut, pemerintah telah melakukan upaya untuk mengembangkan dan mengangkat Kampung Beting menjadi salah satu Pariwisata sungai di Kota Pontianak. Pasar Kenanga dalam hal ini memainkan peran yang sangat penting untuk merespon rencana besar pemerintah tersebut. Pasar yang ada pada saat ini hanya menampung kegiatan jual-beli yang terbatas serta kurang menarik untuk dikunjungi karena tidak mencerminkag n identitas kuat Kampung Beting serta masih belum bisa mengatasi permasalahan lingkungan yang menjadi momok bagi Pariwisata sungai Kapuas. Oleh karena itu perancangan Pasar Kenanga yang dapat menjadi magnet pariwisata dan ekonomi untuk masyarakat Kampung Beting. Berkaca dari permasalahan lingkungan dan ekonomi tersebut, perancangan Pasar Kenanga perlu menggunakan pendekatan arsitektur Eco-culutre yang merupakan pendekatan konsep arsitektur Ekologis yang dipadukan dengan tata penampilan Arsitektur Melayu dan Dayak. Pasar ini akan menjadi pasar rekreatif yang bersinergi untuk mendukung pariwisata Kampung Beting. Sehingga Pasar Kenanga dapat memiliki identitas yang kuat dan dapat menjadi magnet bagi pariwisata Kampung Beting yang juga akan menaikan taraf ekonomi masyarakatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasar Kenanga, pasar rekreatif, eco-culture, ekologis, kontekstual, Kampung Sungai, situs budaya
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:04
Last Modified: 30 Jul 2020 02:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item