LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN AMENITAS KAMPUNG BATIK GIRILOYO DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL

MULIASARI, I GUSTI AYU DWI (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN AMENITAS KAMPUNG BATIK GIRILOYO DUSUN KARANGKULON, DESA WUKIRSARI, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
160116361.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pusat Informasi Pariwisata merupakan suatu bentuk pelayanan publik yang berada dibawah wewenang pemerintah daerah yang memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi mengenai segala hal yang menyangkut kepariwisataan. Suatu obyek wisata tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki Pusat Informasi Pariwisata karena dengan adanya Pusat Informasi Pariwisata maka akan memudahkan wisatawan yang berkunjung ke suatu obyek wisata, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Pusat Informasi Pariwisata ini nantinya akan berdampingan bersama amenitas pariwisata, dimana amenitas yang dimaksud adalah adanya pujasera, sarana kesehatan, dan lahan parkir. Pusat Jajanan Serba Ada atau yang biasa disebut dengan pujasera merupakan suatu tempat makan yang terdiri dari berberapa gerai makanan yang menawaarkan berbagai menu variatif, bersifat informal atau terbuka yang biasanya terdapat di pusat perbelanjaan, kantor, atau bahkan di kampus. Pusat Informasi Pariwisata dan Amenitas yang ada di suatu obyek wisata seharusnya dapat menjadi penanda akan adanya suatu obyek wisata. Maka, Pusat Informasi Pariwisata dan Amenitas Kampung Batik Giriloyo memerlukan suatu adanya penanda yang representatif agar memudahkan pengunjung dalam mengunjungi obyek wisata Kampung Batik. Elemen representatif disampaikan melalui pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam. Penanda dalam arsitektur dapat diwujudkan melalui pendekatan arsitektur ikonik, dimana arsitektur ikonik sendiri merupakan suatu simbol atau tanda yang berkaitan dengan gambar atau lambang dari suatu daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Informasi Pariwisata dan Amenitas, Arsitektur Ikonik, dan Elemen Representatif.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:24
Last Modified: 30 Jul 2020 02:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21883

Actions (login required)

View Item View Item