LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA BERARSITEKTUR JAWA KONTEMPORER DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

APRILIA, SHERLLY (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA BERARSITEKTUR JAWA KONTEMPORER DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text
160116463.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kota Yogyakarta memiliki citra yang kuat sebagai kawasan Pendidikan dan Budaya. Fasilitas penunjang pendidikan sangat dibutuhkan setiap tahunnya yang diiringi dengan tingginya tingkat aktivitas pendidikan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tingginya jumlah mahasiswa pendatang harus diperhatikan agar konteks budaya Jawa yang telah ada tidak memudar begitu saja. Tingginya jumlah mahasiswa pendatang di tengah Kota Yogyakarta yang semakin padat menuntut untuk menciptakan sebuah ruang sebagai tempat tinggal dan beraktivtas sementara bagi mahasiswa pendatang dengan jumlah massal atau disebut dengan asrama. Lalu bagaimana merancang sebuah asrama mahasiswa yang memiliki latar belakang budaya berbeda agar tetap inklusif dalam konteks budaya jawa untuk menciptakan karakter mahasiswa Bhineka Tunggal Ika. Menerapkan pendekatan psikologi dalam arsitektur dapat menciptakan rekonsisasi individu. Dengan perhitungan dan jumlah mahasiswa pendatang dibandingkan dengan luas Kabupaten Sleman maka didapat jumlah sekitar 90 jiwa menempati setiap meter perseginya serta tidak melupakan kemungkinan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asrama, Mahasiswa, Budaya, Bhineka Tunggal Ika, Inklusif, Psikologi Arsitekur.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:50
Last Modified: 30 Jul 2020 02:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item View Item