PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI KECURANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP)

Desita, Fransiska (2020) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI KECURANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Fransiska Desita)
14 04 21600.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kecurangan atau fraud semakin marak terjadi dengan berbagai cara yang terus berkembang, hal ini berarti kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan juga harus ditingkatkan. Pengaruh faktor eksternal dan faktor internal dapat membuat kemampuan setiap auditor dalam mendeteksi kecurangan berbedabeda. Faktor yang berasal dari dalam diri auditor atau faktor internal merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi. Faktor internal tersebut seperti skeptisisme profesional, independensi, dan kompetensi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh skeptisisme profesional, independensi, dan kompetensi terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan pada Kantor Akuntan Publik (KAP). Data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran kuesioner pada auditor Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 responden. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Alat analisis yang digunakan adalah uji signifikansi parameter individual (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skeptisisme profesional, independensi, dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta dan Semarang. Masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme Profesional, Independensi, Kompetensi dan Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2020 05:30
Last Modified: 07 Sep 2020 05:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item View Item