Linggo, JF. Soandrijanie and SITOHANG, YOHANES BAGASKARA PENGARUH STEEL SLAG SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR DENGAN FILLER FLY ASH PADA LASTON AC-WC. [Research]
|
Text (JF Soandrijanie L - Yohanes Bagaskara Sitohang)
03 POSTER RESEARCH WEEK 2020 TS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Potensi kerusakan prasarana transportasi khususnya jalan menuntut sebuah usaha dan inovasi untuk meningkatkan kualitas campuran perkerasan jalan. Penggunaan steel slag dalam campuran aspal dapat mengganti sebagian penggunaan agregat kasar dan fly ash sebagai filler pada aspal beton AC-WC. Steel slag adalah limbah industri baja, sedangkan fly ash merupakan limbah sisa pembakaran batubara. Pemanfaatan kedua bahan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai karakteristik Marshall sekaligus mengurangi limbah tersebut. Penelitian ini menggunakan variasi : steel slag 0% + filler semen 2 %, steel slag 10% + filler fly ash 2 %, steel slag 20% + filler fly ash 2 %, dan steel slag 30% + filler fly ash 2 %, serta aspal pen. 60/70 dengan variasi : 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% .Dengan pedoman Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 Revisi 3,penggunaan steel slag dan fly ash mampu meningkatkan karakteristik Laston AC-WC pada variasi steel slag 10 % + filler fly ash 2 % dengan kadar aspal 5,5%. Agregat Steel slag dan filler fly ash dalam campuran membuat nilai density, VFWA, dan flow cenderung meningkat seiring bertambahnya kadar steel slag, sedangkan nilai VMA, VITM, stabilitas, dan QM cenderung menurun. Campuran dengan kadar steel slag 0 % dan 10 % menghasilkan nilai KAO 6,5 %, sedangkan untuk steel slag 20 % dan 30 % nilai KAO yaitu 6 %
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laston AC-WC, steel slag, fly ash, KAO, karakteristik Marshall |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 03:14 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 03:14 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22063 |
Actions (login required)
View Item |