TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI KASUS DI DESA SUKOLILO, KECAMATAN SUKOLILO, KABUPATEN PATI, JAWA TENGAH)

Ngentine, Nelly (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA DAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI KASUS DI DESA SUKOLILO, KECAMATAN SUKOLILO, KABUPATEN PATI, JAWA TENGAH). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Nelly Ngentine)
0512125 0.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
0512125 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Tinjauan Yuridis Terhadap Pengelolaan Dana Desa Dan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Kasus Di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah)”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan pengaturan dana desa dan apakah pelaksanaan pengelolaan dana desa di desa sukolilo sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan dana desa sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yaitu pengaturan dana desa dikelola secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab. Sedangkan untuk pelaksanaan pengelolaan dana desa di Desa Sukolilo belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, hal ini dapat dilihat dari prioritas penggunaan dana desa yang dialokasikan untuk kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat di desa tersebut, serta faktor internal rendahnya sosialisasi tentang pengelolaan dana desa di Desa Sukolilo dan faktor eksternal yaitu kurangnya kesadaran diri masyarakat di Desa Sukolilo untuk ikut serta dan antusias untuk memonitoring dalam pelaksanaan penggunaan dana desa tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Pengaturan Dana Desa, Pelaksanaan Pengelolaan Dana Desa.
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 31 Oct 2020 02:17
Last Modified: 31 Oct 2020 02:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item