IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS 3 SD

Waskita, Bernadus Rangga Kresna (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK KELAS 3 SD. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bernadus Rangga Kresna Waskita)
0707337 0.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
0707337 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
0707337 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
0707337 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses terciptanya lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Berbagai pendekatan dan metode dilakukan agar proses pembelajaran berjalan optimal, baik pendekatan individual, kelompok, maupun klasikal. Computer Based Learning (CBL) dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah dalam pemahaman dari isi materi pembelajaran. Pelajaran agama Katolik di Sekolah Dasar bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Iman yang penting untuk kehidupan siswa dimasa mendatang, untuk menghindari keterbatasan berpikir anak dalam memahami nilai-nilai Iman perlu diberi gambaran melalui media konkrit. Dengan media komputer, materi pembelajaran agama katolik dapat dikemas dalam suatu applikasi yang menarik. Materi tersebut bersifat multimedia interaktif yang terdiri dari teks, gambar, animasi serta audio. Multimedia akan mengatasi rasa jenuh dan menumbuhkan daya tarik dan perhatian siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Selain materi pembelajaran yang dikemas secara menarik, siswa juga dapat mengukur kemampuannya dengan mengerjakan soal kuis yang telah disediakan didalamnya. Dengan mempertimbangkan kurikulum, materi akan dikemas sesuai dengan kebutuhan siswa Sekolah Dasar kelas 3. Dibuatnya applikasi multimedia pembelajaran ini diharapkan, siswa menjadi tertarik untuk belajar pelajaran agama katolik, menumbuhkan niat serta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar. Perancangan applikasi ini juga diharapkan sesuai dengan kurikulum yang ada serta layak untuk diberikan untuk siswa SD kelas 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, multimedia, agama katolik
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:06
Last Modified: 03 Nov 2020 03:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item