Sistem Rekomendasi Pariwisata Labuan Bajo

Geong, Maksimillian Demokrasiano (2020) Sistem Rekomendasi Pariwisata Labuan Bajo. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maksimillian Demokrasiano Geong)
0708596 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
0708596 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
0708596 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
0708596 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Labuan Bajo merupakan kota di kabupaten Manggarai Barat yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Labuan bajo menyimpan banyak sekali keragaman dan keindahan wisata bahari di dalamnya. Labuan Bajo sendiri merupakan kota tujuan destinasi wisata yang baru – baru terkenal dikarenakan pada tahun 2013 hewan purba komodo di resmikan menjadi 7 Wonder Of Nature sehingga dari tahun tersebut sampai sekarang pariwisata di Labuan Bajo sedang mengalami pembangunan besar-besaran. Setiap tahunnya saja, Labuan Bajo mendapat banyak sekali kunjungan dari wisatawan, baik wisatawan lokal Indonesia maupun wisatawan mancanegara. Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan di Labuan Bajo sendiri membuat wisatawan terkadang bingung untuk menentukan pilihan tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Seringkali ketika memutuskan untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata, kadangkala para wisatawan belum mengetahui apakah tempat wisata yang hendak dikunjungi tersebut sesuai atau tidak dengan keinginannya. Wistawan juga kadang ada yang merasa kurang puas ketika berkunjung ke tempat wisata dikarenakan wisatawan tersebut salah memilih tempat wisata yang ditujunya tersebut, yang mana disebabkan oleh kurangnya informasi. Dikarenakan saat ini perkembangan teknologi bisa dikatakan semakin pesat, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu wisatawan dalam hal memberikan informasi dan rekomendasi suatu tempat wisata kepada mereka. Sistem yang hendak dibangun diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat.Oleh karena itu maka dibangunlah sebuah Sistem Rekomendasi Pariwisata. Sistem yang hendak dibangun ini bertujuan memberikan rekomendasi tempat wisata kepada wisatawan. Sistem rekomendasi ini akan dibangun dengan menggunakan metode Item-based Collaborative Filtering untuk mencari kesamaan antara item atau dalam hal ini obyek wisata, kemudian menggunakan algoritma Adjusted Cosine Similarity untuk mendapatkan nilai kesamaan tertinggi yang dijadikan acuan dalam pemberian rekomendasi. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel versi 5.8.24. Sistem ini menghasilkan rekomendasi potensi wisata yang sesuai dengan keinginan wisatawan. Selain memberikan rekomendasi, sistem ini juga akan memberikan informasi terkait potensi wisata yang ada. Informasi yang diberikan berupa dekripsi wisata, foto, alamat, serta peta destinasi. Dengan adanya sistem ini,diharapkan wisatawan semakin mudah untuk mendapatkan tempat wisata yang sesuai sehingga wisatawan tersebut merasa puas dan terbantu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Sistem Rekomendasi, Labuan Bajo, Item-based Collaborative Filtering, Adjusted Cosine, Laravel
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 04 Nov 2020 00:54
Last Modified: 04 Nov 2020 00:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item